Bandara YIA Mulai Beroperasi 6 Mei


Penulis: Ardi Teristi Hardi - 03 May 2019, 13:18 WIB
MI/Ardi Teristi Hardi


BANDARA Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) akan melayani penerbangan komersial perdana pada Senin (6/5). Pesawat yang akan mendarat di YIA berlokasi di Kulon Progo ini adalah pesawat Citilink.

"Iya Senin (6/5) untuk pertama kalinya penerbangan komersial di sini," kata Project Manajer Pembangunan YAI PT Angkasa Pura I, Taochid Purnomo Hadi kepada Media Indonesia, Jumat (3/5) siang. Pesawat yang bakal terbang adalah Citilink dengan tipe pesawat Airbus A 320.

Pesawat tersebut akan melayani rute Halim Perdanakusuma Jakarta - YIA Kulon Progo. Tiket perjalanan tersebut sudah dijual di situs perjalanan daring.

Menteri BUMN, jajaran kementerian BUMN, dan jajaran Angkasa Pura bakal menjadi penumpang penerbangan tersebut. Selain Menteri BUMN, Wakil Presiden, Jusuf Kalla direncanakan bakal mendarat di Bandara YIA  ditemani Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Sabtu (4/5).

Taochid menegaskan, YIA sudah siap 100% untuk penerbangan komersial.

baca juga : Bandara Baru di DIY Sambut Penerbangan Perdana

"Saat ini pembangunan bandara untuk operasi minimal sudah selesai 100%. Sedangkan secara keseluruhan sudah 43% selesai.Sebelumnya, Citilink melakukan proving flight atau uji terbang pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK)- YIA pada Kamis (2/5)," ujarnya.
 
Direktur Teknik PT Angkasa Pura I (Persero) Lukman F Laisa dalam keterangan pers mengatakan kesusksesan proving flight ini merupakan milestone dari pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta.

"Hal ini tentunya membuktikan kesiapan infrastruktur sisi udara Bandara Internasional Yogyakarta yang mendukung keselamatan dan keamanan pengoperasian penerbangan komersial," kata Direktur Teknik PT Angkasa Pura I (Persero) Lukman F. Laisa. (OL-3)