NovelMe Gelar Kompetisi Menulis Next Top Writer


Penulis: Micom - 02 April 2019, 10:00 WIB
Ist

APLIKASI untuk membaca dan menulis cerita serta konten menarik lainnya, NovelMe, menggelar ajang kompetisi penulisan novel terbesar di Indonesia bertajuk 'Next Top Writer', yang dimulai 1 April hingga 30 Juni 2019.

Dengan mengusung slogan 'Wujudkan Novelmu, Menangkan Hadiahnya' kompetisi ini merupakan ajang bagi para penulis untuk memublikasikan karya mereka di aplikasi NovelMe, sekaligus berpeluang besar memenangkan total hadiah ratusan juta rupiah.

Project Manager NovelMe, Aji Pribadi, mengatakan, ajang 'Next Top Writer' diharapkan dapat melahirkan banyak penulis novel populer dan menyebarkan cerita yang dapat menginspirasi banyak orang.

"Jadi sebelumnya kita sudah pernah coba untuk cerpen dulu, singkat, cuma sekali, habis itu kelanjutannya kita pikir, mau ke arah mana NovelMe ini. Nah, akhirnya kita putuskan untuk menaikkan penulis-penulis yang sebenarnya banyak yang berpotensi, tapi karena satu hal tulisan dia misalnya ditolak, dia kemudian frustrasi, nah kita ingin mengobati mereka dengan aplikasi ini. Ditambah lagi kita melihat ada penerbit-penerbit indie yang kita bisa kerja sama, itu ternyata banyak juga potensi-potensi yang lain yang bisa digali dan diangkat. Jadi 'Next Top Wiriter' itu ingin 'oh kita ada lho karya bagus yang belum sempat tergali dan dikenal orang', dan kita mau lebih menggaungkan gitu dan menyebarkan kebaikan dengan memproduksi novel yang lebih menarik juga berkualitas," papar Aji di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (1/4).

Aji menambahkan, menilik sejarahnya sendiri, NovelMe hadir sejak November 2018. Menurut dia, sebelum membuat NovelMe, awalnya ia mengadakan kompetisi menulis cerpen terlebih dahulu untuk memancing reaksi pasar.

"Kita di Desember itu sudah mulai adain lomba cerpen dulu, kita coba ada gak peminatnya. Melihat animonya naik, kita coba langkah besar lagi yakni membuat NovelMe. Alasan kita bikin NovelMe ini kita ingin ada platform yang lebih untuk para pembaca dan penulis novel. Untuk sekarang, untuk pembaca bisa download di aplikasi langsung di Android dan iOs. Kalau sebagai penulisnya, kita sediakan platform untuk menulisnya itu di web tulis.novelme.id. Sampai saat ini NovelMe telah memiliki sebanyak 50.000 downloader, dan untuk tahun ini ditargetkan sebanyak 500.000 downloader," beber Aji.

"Soal alasan memilih nama NovelMe, selain terdengar catchy, karena novel itu kan bersambung, bisa sangat panjang, jadi di NovelMe sendiri itu bisa berkisar 10 sampai ribuan bab, itu belum selesai juga. Jadi, kita mau aplikasi ini terus ada, berkelanjutan, dan terus bermanfaat untuk masyarakat Indonesia," sambung Aji.


Baca juga: BMKG Luncurkan Sistem Pengamatan Cuaca untuk Penerbangan


Ajang 'Next Top Writer' menawarkan total hadiah ratusan juta rupiah untuk para penulis berbakat yang karyanya dipilih secara terbuka dengan suara terbanyak dari pembaca di aplikasi NovelMe.

Pengguna aplikasi tinggal memberikan suara kepada novel atau tulisan yang dinilai menarik, kemudian suara yang diberikan tersebut akan dikumpulkan untuk diakumulasi dan ditentukan mana novel yang memiliki vote tertinggi hingga kemudian menjadi pemenang.

Novel yang terpilih menjadi pemenang akan mendapatkan berbagai keuntungan. Di antaranya berkesempatan untuk diangkat menjadi film layar lebar, tentunya juga akan diterbitkan oleh penerbit di media cetak.

Selanjutnya, karya tersebut juga bisa diadaptasi menjadi kartun atau animasi, dan dibuat dalam bentuk audio serta akan mendapatkan sertifikat.

"Untuk 'Next Top Writer' session pertama ini kita lebih mencoba untuk setiap orang mau mengirimkan karyanya dulu dengan target sampai 600 karya sampai akhir session, lalu kita akan pilih 10 yang bagus. Nanti dari 10 itu kita pilah lagi mana yang akan dicetak, dijadikan film atau dijadikan animasi," tutur Aji.

Kompetisi 'Next Top Writer' digelar mulai 1 April hingga 30 Juni 2019 yang bisa diikuti seluruh warga negara Indonesia tanpa batasan umur, dan peserta wajib mengikutsertakan karya novel minimal 30 ribu kata dengan tema bebas namun terbatas pada pilihan genre romance, fantasy, horror, adventure, science-fiction, dan action. (RO/OL-1)