Berawal dari Selokan Sampah

Views : 2122 - 09 February 2019, 21:00 WIB

SUASANA permukiman itu sepintas mirip negeri dongeng karena kolam ikan yang memanjang di sepanjang depan deretan rumah. Kolam yang bersih dari sampah, begitu juga dengan halaman rumah serta jalanannya, menghasilkan suasana yang menenteramkan meski sederhana.

Demikianlah suasana yang langsung menyapa Media Indonesia ketika tiba di Kampung Ciasin Naringgul, Desa Bendungan, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/2). Suasana asri nan bersih itu pula yang membuat permukiman padat itu kini terkenal. Walau rumah berderet padat dan hanya sebagian jalanan yang memiliki lebar dua meter, terlihat jika warga di sana memiliki kesadaran lingkungan yang baik.

Bukan hanya itu, kelestarian lingkungan juga berdampingan dengan nilai ekonomi. Wujudnya, ada pembudidayaan ikan di kolam-kolam itu.

Namun, kondisi lingkungan itu nyatanya belum lama terwujud. Mereka yang pernah datang ke kampung itu pada 2016 mungkin punya ingatan suasana yang sangat berkebalikan.

Selokan dengan kedalaman setengah meter hanya menyisakan 5 cm hingga 10 cm untuk lintasan air. Sisanya diisi dengan endapan tanah dan sampah plastik. Warga sekitar awalnya memang kurang peduli dengan sampah besar yang menumpuk di sekitar lingkungan mereka tinggal.

BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA