Sandiaga akan Kritik Soal BPJS, TKN: Memang Sandiaga bisa Atasi?


Penulis: Insi Nantika Jelita - 17 March 2019, 20:20 WIB
antara
antara

WAKIL Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Johnny G Plate menyebut dalam debat ketiga, calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin siap menghadapi cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno. Termasuk, dalam menangkis serangan soal yang akan dilontarkan Sandi terkait masalah penanganan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Enggak ada masalah, justru nanti akan dilihat bagaimana dinamisnya komunikasi ya dan debat yang akan dilakukan oleh Kiai. Memangnya Sandiaga bisa begitu saja semau dia mengatasi masalah BPJS?" ungkapnya di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

Johnny mengingatkan permasalahan BPJS yang menggunakan APBN harus melalui keputusan politik kebijakan anggaran di DPR. "Kalau yang mandiri BPJS mandiri itu dari perorangan dan korporasi tidak bisa dia melalui presiden atau wakil presiden" sambungnya.

Sandiaga, kata Johnny, kemungkinan tidak mengetahui soal bagaimana dalam pemerintahan telah dikeluarkan dana talangan Rp10,5 triliun. "BPJS itu masalahnya sudah selesai," ucap Johnny.

Soal gaya komunikasi yang akan ditampilkan kedua cawapres, Johnny menilai Ma'ruf Amin sudah piawai dalam berdebat karena pengalamannya sebagai ulama dan menganggap Sandiaga kalah jauh dengan Ma'ruf.

"Justru terbalik yang punya komunikasi bagus itu justru Kiai Ma'ruf. Dia seorang mantan ketua organisasi MUI, dulu jadi anggota DPR, sudah biasa berkomunikasi dalam kontesk komunikasi politik dan komunikasi publik itu luar biasa. Kalau Pak Sandi juga konteksnya mikro. Konteks yang masih di tingkat korporasi perusahaan, jadi wagub kan baru setahun juga," tandas Johnny. (A-2)

BERITA TERKAIT