2024, Depok Bakal Miliki LRT


Penulis: Putri Anisa Yuliani - 17 March 2019, 19:45 WIB
Haufan Hasyim Salengke
Haufan Hasyim Salengke

LIMA tahun yang akan datang atau pada 2024, ditargetkan kereta ringan cepat atau Light Rail Transit (LRT) sudah selesai dibangun di kawasan Depok, Jawa Barat. Target tersebut tertera dalam Peraturan Presiden 55/2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jakarta, Depok, Bogor, dan Tangerang.

Menurut Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono pembangunan LRT di Depok akan menggunakan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) seperti yang sudah dilakukan dalam pembangunan LRT Bodebek.

"Rencananya LRT dibangun di Depok sudah ada dalam Perpres RIT tersebut. Pembangunan ditargetkan dimulai 2020 tetapi bisa juga molor. Yang jelas tahun 2024 LRT tersebut sudah harus selesai dibangun sesuai timeline dalam perpres," ungkap Bambang saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (17/3).

Bambang menuturkan LRT dibangun di Depok sebagai bagian mengintegrasikan transportasi Jabodetabek. Sehingga, LRT Depok harus terintegrasi dengan moda angkutan massal yang sudah ada seperti LRT Jakarta, LRT Bodebek, Moda Raya Terpadu (MRT) koridor Selatan - Utara (Lebak Bulus-Kota), MRT koridor Barat - Timur (Balaraja-Cikarang) serta kereta rel listrik Commuterline.

Baca juga: DPRD Jamin Pembahasan Tarif MRT dan LRT Tepat Waktu

Pemerintah Kota Depok menurut Bambang pun telah berkomitmen untuk mendukung pembangunan LRT di kota bermaskot buah belimbing itu.

"Tentu saja harus terintegrasi dengan angkutan massal yang ada dan yang akan dibangun. Oleh karenanya pembangunan harus bersinergi dan diatur dalam Perpres RIT tersebut," pungkasnya.

Dalam Perpres 55/2018 tertera bahwa LRT Depok akan memiliki Lima stasiun yakni Cimanggis, Pondok Cina, Cinere, Krukut, dan Citayam. Pembangunan infrastruktur stasiun direncanakan dimulai pada 2020.

Sementara itu, dalam waktu dekat LRT Jakarta akan segera beroperasi. LRT Jakarta fase 1 memiliki rute Velodrome-Kelapa Gading dan LRT Bodebek memiliki rute Cawang-Cibubur. (OL-7)

BERITA TERKAIT