TKN: Jokowi Dirikan Fondasi Pembangunan Manusia


Penulis: Dhika Kusuma Winata - 17 March 2019, 19:05 WIB
Dero Iqbal Mahendra
Dero Iqbal Mahendra

DIREKTUR Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Aria Bima, membantah pemerintahan Jokowi salah langkah dalam menjalankan prioritas pembangunan yang selama empat tahun terakhir.

Tudingan salah langkah karena mengedepankan infrastruktur ketimbang pembangunan manusia itu sebelumnya disampaikan Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo SUbianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak

"Pembangunan infrastruktur mengubah value masyarakat luar biasa. Yang penting sekarang setelah infrastruktur dibangun, revolusi mental fokusnya mengubah perilaku menjadi produktif. Daerah yang terisolasi setelah infrastruktur dibangun mengalami perubahan perilaku menjadi lebih produktif," kata Aria di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

Ia menyampaikan itu jelang Debat Calon Wakil Presiden yang digelar Minggu (17/3) malam.Tema debat malam ini berkaitan dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yakni pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial, dan budaya.

Menurut Aria, pemerintahan Jokowi selama ini telah membangun fondasi untuk pembangunan manusia, tidak hanya fokus pada infrastruktur. Hal itu, kata Aria, dijalankan antara lain melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Jokowi bahkan akan memperluas program tersebut melalui KIP Kuliah dan Kartu Pra-Kerja.

"Kehendak subjektif Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf jangan sampai karena kemiskinan ekonomi keluarga miskin takut untuk kuliah. Harus dijamin untuk anak Indonesia agar kemiskinan tidak menjadi kendala mereka untuk kuliah. Kemudian gak usah pesimis untuk mencari kerja karena melalui Kartu Pra-Kerja itu bisa kita pakai berapa BUMN untuk (pendidikan vokasi) anak-anak yang menganggur," papar Aria. (A-2)

BERITA TERKAIT