SMRC: Keunggulan Paslon 01 karena Publik Puas Kinerja Jokowi


Penulis: Akmal Fauzi - 17 March 2019, 16:55 WIB
ROMMY PUJIANTO
ROMMY PUJIANTO

PASANGAN calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berdasarkan hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Selisih suara kedua pasangan pun semakin melebar yakni mencapai 25%.

Direktur Eksekutif SMRC, Djayadi Hanan, menagatakan, kenaikan suara dukungan pasangan Jokowi-Amin dipengaruhi optimisme masyarakat dengan kondisi ekonomi Indonesia.

"Dalam survei ini, kami menemukan 71% responden mengaku puas dengan kinerja Presiden Jokowi," kata Djayadi di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/3).


Baca juga: Survei SMRC: Jokowi-Amin 57,6%, Prabowo-Sandi 31,8%


Selain itu, survei itu juga menemukan 66% warga percaya Jokowi mampu memimpin bangsa. Sebanyak 46% responden menilai kondisi ekonomi tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Dukungan pada Jokowi lebih mencerminkan model rasional atau economic voting sedangkan Prabowo lebih mencerminkan model identity voting atau identitas sosial seperti agama dan suku," jelasnya.

Diberitakan, elektabilitas pasangan Jokowi-Amin unggul mencapai 57,6%, sementara pasangan Prabowo-Sandiaga 31,8%.

Perolehan suara Jokowi-Amin ini merupakan peningkatan dari hasil survei Januari lalu mencapai 54,9%. Sebaliknya, ini merupakan penurunan suara untuk Prabowo yang pada Januari lalu mencapai 32,1%. (OL-1)

BERITA TERKAIT