Konsumen Punya Hak dan Kewajiban Terkait Pergub Larangan Plastik


Penulis: M. Ilham ramadhan Avisena - 20 February 2019, 17:14 WIB
dok.mi
dok.mi

STAF Bidang Penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Natalia Kurniawati mengajak konsumen mengetahui hak dan kewajibannya terkait Pergub larangan penggunaan kantong plastik di Jakarta.

"Dalam hal ini, konsumen memiliki hak dan kewajiban yang perlu diketahui, sehingga dapat mendukung jalannya Pergub ini," papar Natalia saat menjadi pembicara dalam Uji Publik yang dilakukan Dinas Lingkuhan Hidup DKI Jakarta di Satrio Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (20/2).

Baca juga: Tanpa Wagub, Kinerja Anies Mengendur

Dalam pemaparannya, Natalia menekankan, hak konsumen kepada Pergub direncanakan disahkan Maret mendatang. Konsumen dalam hal ini memiliki alternatif apa yang nantinya digunakan sebagai pengganti kantong belanja plastik. Konsumen juga memiliki hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur. Menurutnya, dalam hal ini pemerintah harus mampu menjelaskan kepada masyrakat soal peraturan yang dibuat.

"Biasanya ini yang suka lewat, aspek edukasi, biasanya peraturan menggunakan bahasa yang sulit dimengerti. Pemerintah terkait harus menyampaikan dengan jelas kepada masyarakat soal ini," ungkap Natalia.

Sementara itu, masyarakat sebagai konsumen juga memiliki kewajiban yang harus dilakukan diantaranya ialah membaca dan mengikuti petunjuk informasi. Selanjutnya ialah itikad baik. Konsumen wajib memiliki keinginan untuk beralih menggunakan kantong belanja ramah lingkungan sesuai dengan aturan yang berlaku pada Pergub nantinya. Lebih lanjut, Natalia menyatakan pengaduan kepada YLKI terbuka untuk siapa saja dan kapan saja.

Baca juga: Pergub Larangan Plastik Guna Meminimalisir Sampah di Jakarta

"Kami menerima aduan konsumen baik secara langsung, melalui email, ataupun whatsapp," tandasnya.

Pergub yang nantinya menyasar pengelola pusat perbelanjaan, toko swalayan dan pasar tradisional ini diharapkan mampu mengurangi masalah sampah plastik di Ibu Kota. Untuk itu, masyarakat juga harus berperan aktif agar nantinya pergub ini dapat berjalan dengan baik. (OL-6)

BERITA TERKAIT