Tim Geologi Bandung Teliti Lokasi Gerakan Tanah Banjarnegara


Penulis: Liliek Dharmawan - 14 February 2019, 18:02 WIB
MI/depi gunawan
 MI/depi gunawan

TIM Badan Geologi Bandung melakukan penelitian di lokasi bencana tanah bergerak di Dusun Sidakarya, Desa Mlaya, Kecamatan Punggelan, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Arif Rahman mengatakan setelah terjadi gerakan tanah di Desa Mlaya sepekan lalu, BPBD meminta tim Geologi Bandung untuk meneliti lokasi setempat.

"Sampai sekarang, BPBD belum tahu hasilnya. Setelah nanti ada hasil penelitian, BPBD bakal menindaklanjutinya. Apakah masih aman atau bahaya untuk permukiman penduduk. Kami tunggu dulu hasilnya," ujar Arif, Kamis (14/2).

Baca juga: Puluhan Rumah di Desa Cicadas Terdampak Pergerakan Tanah

Menurutnya, selain mendampingi tim geologi, BPBD bersama masyarakat juga mengeringkan kolam ikan dan memasang early warning system (EWS) atau alat deteksi dini manual di lokasi setempat.

"Ada beberapa keluarga masih mengungsi ke tempat yang aman karena rumahnya mengalami kerusakan akibat gerakan tanah di lokasi setempat," imbuhnya.

Seperti diketahui, hujan deras pada pekan lalu memicu gerakan tanah di Mlaya. Akibatnya, lima rumah rusak sedang dan 12 rumah lainnya rusak ringan. Selain itu, gerakan tanah juga mengakibatkan jalan desa ambles.(OL-5)

 

BERITA TERKAIT