81 Rumah Warga Sidoarjo Rusak Diterjang Angin Puting Beliung


Penulis: Heri Susetyo - 14 February 2019, 17:39 WIB
 ANTARA FOTO/Umarul Faruq/wsj.
  ANTARA FOTO/Umarul Faruq/wsj.

ANGIN puting beliung yang menerjang wilayah Kabupaten Sidoarjo pada Rabu (13/2) sore, mengakibatkan 81 rumah di tiga desa mengalami kerusakan. Warga terlihat melakukan perbaikan rumah yang rusak serta membersihkan dahan pohon tumbang akibat puting beliung.

Ketiga desa terdampak yakni Desa Durung Banjar Kecamatan Candi, Desa Gagang Panjang dan Desa Randegan Kecamatan Tanggulangin. Rumah yang terdampak rata-rata mengalami kerusakan pada bagian atap, bahkan ada yang atapnya roboh.

Selain memperbaiki bangunan rusak, warga juga membersihkan dahan yang roboh dan daun berserakan. Sementara aliran listrik yang sempat padam pada Rabu (13/2) sore, langsung bisa diperbaiki malam harinya.

Baca juga: Puting Beliung Terjang Sukoharjo, Atap Pasar Ir Soekarno Jebol

Bantuan tenaga dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sidoarjo, TNI dan Polri berdatangan ke lokasi. Mereka membantu warga melakukan perbaikan rumah rusak dan membersihkan pepohonan yang tumbang.

"Kami juga berharap ada bantuan material untuk memperbaiki bangunan rumah yang rusak," kata warga Desa Randegan, Suyadi, 50, Kamis (14/2).

Sementara itu, BPBD Sidoarjo masih terus mendata kerusakan rumah-rumah warga yang terdampak angin puting beliung. Pendataan dilakukan untuk pencairan dana bantuan. Nantinya, BPBD akan menyalurkan bantuan Rp5 juta untuk setiap rumah yang mengalami kerusakan cukup parah.

"Makanya kami melakukan pendataan terlebih dulu," kata Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo Dwijo Prawito.(OL-5)

 

BERITA TERKAIT