PKS dan Gerindra akan Bahas Cawagub Akhir Pekan Ini


Penulis: Putri Anisa Yuliani - 14 February 2019, 17:21 WIB
MI/MOHAMAD IRFAN
MI/MOHAMAD IRFAN

PARTAI Keadilan Sejahtera dan Partai Gerindra sepakat akan mengadakan pertemuan untuk membahas hasil tes kepatutan dan kelayakan calon wakil gubernur DKI Jakarta akhir pekan ini.

Pertemuan akan digelar Sabtu (16/2) mendatang di kantor DPW DKI PKS.

"Hingga saat ini pimpinan dua partai belum bertemu. Sabtu ini mau ketemu. Itupun karena saya yang minta PKS undang kita," kata Ketua DPD DKI Partai Gerindra Mohamad Taufik ketika dihubungi, Kamis (14/2).

Ia pun menyayangkan sikap buru-buru dari PKS DKI yang mengumumkan dua dari tiga nama cawagub DKI telah lolos tes kepatutan dan kelayakan.

Padahal sesuai kesepakatan bersama, setelah tes kepatutan dan kelayakan selesai digelar, pimpinan dari dua partai itu harus bertemu dahulu guna mengambil keputusan.

Baca juga : Pemilihan Cawagub DKI Tersandera Sikap Partai Gerindra

"Makanya mekanismenya begini dari tim fit and proper diserahkan kepada partai, partai baru bahas. Bukan humas PKS mengumumkan. Dasarnya apa dia mengumumkan itu. Belum dibahas hasilnya," ungkapnya.

Ia pun menegaskan dua nama yang telah diumumkan oleh PKS sebelumnya belum tentu final. Hasil pembahasan pada Sabtu nantilah yang akan menentukan dua nama final cawagub DKI yang akan diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebelumnya, Partai Gerindra dan PKS menggelar tes kepatutan dan kelayakan cawagub guna mengisi posisi yang kosong ditinggalkan Mantan Wagub DKI Sandiaga Uno yang maju sebagai calon wakil presiden untuk Pemilu 2019. Tes dilakukan sejak 27 Januari hingga 9 Februari lalu.

Adapun tiga cawagub yang mengikuti tes ini yakni Abdurrahaman Suhaimi, Achmad Syaiku, dan Agung Yulianto.

Dua partai pengusung Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada Pilkada 2017 itu bersepakat untuk memberikan dua nama cawagub pada 10 Februari.

Namun, target itu meleset karena Taufik berhalangan melakukan pertemuan sebagai dampak kesibukannya ikut mengiringi Sandiaga berkampanye di berbagai daerah.

Meskipun demikian, PKS tetap mengumumkan dua nama yang dipilih oleh tim panelis tes kepatutan dan kelayakan sebagai yang paling layak menjadi cawagub yakni Achmad Syaiku dan Agung Yulianto.

Tidak terima dengan pengumuman tersebut, Gerindra meminta ada pertemuan terlebih dulu untuk pembahasan.(OL-8)

BERITA TERKAIT