Anggaran Besar, KPU tidak Produksi Template DPR dan DPRD


Penulis: Insi Nantika Jelita - 14 February 2019, 15:18 WIB
MI/M. Irfan
 MI/M. Irfan

BIRO Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Nur Syarifah menjelaskan alasan pihaknya hanya menyediakan dua template untuk penyandang disabilitas tunanetra, yakni template braile untuk Pilpres dan DPD RI.

"Untuk DPR RI, provinsi dan kabupaten/kota, jumlahnya banyak. Ada 16 partai. DPR RI ada 80 dapil, DPRD provinsi sekitar 272. Kemudian DPRD kabupaten/kota seluruh Indonesia ada 2207 dapil, berarti harus ada template sebanyak itu. Itu kali jumlah tps, ada sekitar 809.500 TPS, maka menjadi angka yang besar sekali dari sisi anggaran," jelas Nur Syarifah usai acara 'Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara bagi Pemilih Disabilitas pada Pemilu 2019' di Gedung Aneka Bakti Kementerian Sosial, Salemba Raya, Jakarta, Kamis (14/2).

Nur menambahkan persoalan tidak adanya template DPR RI dan DPRD karena anggaran, tidak boleh dijadikan halangan bagi pemilih disabilitas.

"Makanya diberikan fasilitas pendampingan. Pendampingnya paling satu orang. Dia bisa menghantarkan saja ke bilik, pemilihnya mencoblos sendiri. Atau dia bisa masuk ke bilik mencobloskan, terutama untuk tunanetra," ungkap Nur.

Baca juga: Delapan Menit Pemilih Penyandang Tuna Netra di Bilik Suara

KPU menurut Nur memastikan pendamping yang disediakan panitia TPS tidak akan menyalahkan kewenangannya untuk membocorkan pilihan dari pemilih disabilitas tunanetra.

"Ada formulir pendampingan. Di situ bahkan ada pidananya kalau dia membocorkan pilihan si penyandang disabilitas," imbuhnya.

Selain pendamping dari Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), bisa juga berasal dari keluarga pemilih itu sendiri. Ia menuturkan soal template sudah diproduksi bersamaan dengan surat suara.

"Logistik kan bersamaan. Karena itu menyangkut surat suara, dan surat suara sudah dalam proses produksi, pengepakan dan dididistribusikan. Template juga berbarengan dengan surat suara," tandas Nur.

Diketahui data jumlah pemilih penyandang disabilitas dalam Daftar Pemilih Tetap ( DPT) Pemilih penyandang disabilitas untuk Pemilu 2019 sebanyak 1.247.730 dengan uraian sebagai berikut, tunadaksa 83.182, tunanetra 166.364, tunarungu 249.546, tunagrahita 332.728, disabilitas lainnya 415.910.(OL-5)

BERITA TERKAIT