Macan Kemayoran Kalah Ketahanan Stamina


Penulis: Satria Sakti Utama - 12 February 2019, 20:08 WIB
DOK.PERSIJAOFFICIAL
DOK.PERSIJAOFFICIAL

PERSIJA Jakarta harus mengakhiri ambisi untuk lolos ke putaran final Liga Champions Asia 2019 seusai dikalahkan wakil Australia, Newcastle Jets. Dalam laga babak kedua kualifikasi di McDonald Jomes Stadium, Persija takluk dengan skor 1-3.

Akan tetapi, kekalahan 'Macan Kemayoran', julukan Persija, ini tidak terjadi dengan mudah. Tim asuhan Ernie Merrick harus melewati babak tambahan terlebih dahulu untuk memastikan tiket play off

melawan Kashima Antlers, Selasa (19/2) pekan depan.

Ismed Sofyan dkk berhasil menahan imbang tim tuan rumah dengan skor 1-1 di waktu normal. Gol Ronald Vargas di awal paruh babak kedua berhasil dibalas Ramdani Lestaluhu. Gol Ramdani dicetak di menit ke-72.

Pada babak tambahan, Persija akhirnya mengakui keunggulan Newcastle Jets setelah gawang Andritany Ardhiyasa kebobolan dua kali. Gol bek tengah Nigel Boogaard di menit ke-101 mengawali mimpi buruk Persija. Selang 19 menit kemudian, Matthew Ridenton menambah keunggulan timnya.

Bos Persija Jakarta Ivan Kolev menyebut kekalahan anak asuhnya kali ini karena keterbatasan stamina pemainnya.

Baca juga : Kalah lewat Extra Time, Persija Gagal ke Babak Utama LCA

Apalagi Persija tidak dalam atmosfer kompetisi pasca berakhirnya kompetisi Liga 1 pada Desember 2018 lalu. Hal ini tak dirasakan tim lawan karena Liga Australia tengah bergulir teratur saat ini.

"Kami memiliki masalah dalam gim karena stamina kami tidak dalam level tertinggi. Alasannya karena kami tidak sedang berkompetisi sehingga stamina kami terjaga dalam latihan saja," kata Kolev.

Perihal penampilan striker utama Marko Simic, pelatih Bulgaria ini pun melempar pujian.

Seperti diketahui, Simic menjadi buah bibir karenan diduga melakukan pelecehan terhadap seorang wanita dalam perjalanan dari Bali ke Australia pada Senin (11/2).

Akibat kasus ini, striker 31 tahun ini akan ditahan hingga 9 April hingga sidang lanjutan digelar.

"Saya tidak bisa banyak berkomentar soal Simic. Tapi saya berterima kasih karena dia mencoba memberikan segalanya meski dalam situasi seperti ini," imbuhnya.

Di sisi lain, pelatih Newcastle Jets Ernie Merrick mengakui laga melawan Persija sangat melelahkan.

Arsitek asal Skotlandia ini pun berencana akan mengistirahatkan banyak pemainnya saat melawan Melbourne City, Jumat (15/2).

"Tidak ada pemain cedera, tapi banyak badan yang letih. Meski kami tidak menunjukkan permainan terbaik, tapi kami mendapatkan hasil positif," jelas Merrick. (OL-8)

BERITA TERKAIT