Tiket Pesawat Naik, Penumpang di Bandara KNIA Turun


Penulis: Puji Santoso - 12 February 2019, 19:00 WIB
ANTARA
 ANTARA

KENAIKAN harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik berdampak signifikan pada jumlah penumpang di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA), Deli Serdang.

Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto, mengungkapkan akibat harga tiket naik, Bandara Kualanamu mengalami penurunan penumpang hingga 189.762 orang.

"Dari data yang kita terima, sejak Januari 2019 penurunan penumpang itu sebesar 189.762 orang atau 19,9%," kata Wisnu di Bandara KNIA Deliserdang, Selasa (12/2).

Wisnu menjelaskan akibat kenaikan harga tiket pesawat, berdampak pula pada penurunan jumlah penerbangan yaitu sebesar 1.734 penerbangan atau 23,6%. Sedangkan penerbangan yang mengalami pembatalan di Bandara Kualanamu sebanyak 1.904 penerbangan.

"Biasanya jumlah penerbangan di Bandara Kualanamu per harinya sebanyak 230 penerbangan pada tahun 2018. Namun pascakenaikan harga tiket rata-rata 172 penerbangan per hari," jelasnya.

Namun demikian, untuk penerbangan internasional di Bandara Kualanamu masih dalam posisi normal.

"Penerbangan internasional kita lihat masih di batas normal," tuturnya.

Baca juga: Sektor Pariwisata Sumbar Terpukul Mahalnya Tiket Pesawat

Wisnu menambahkan, tren penurunan penumpang dan jumlah penerbangan masih berlanjut. Hal ini terlihat dari data hingga 11 Februari 2019. Sejak awal Februari 2019 baru tercatat 1.849 penerbangan di Bandara Kualanamu. Persentasi penurunannya setiap hari berkisar antara 10,3-32,3%. Untuk jumlah penumpang baru mencapai 247.963. Penurunannya berkisar antara 2,1-33,6%.

Sementara sejumlah penumpang menyatakan tingginya harga tiket dan bagasi  berbayar memang memberatkan.

"Harga tiket dan bagasi bagi kami sangat memberatkan, masih mahal, tapi saya tidak punya pilihan. Saya tetap naik pesawat karena harus pulang ke Kalimantan," kata salah seorang penumpang, Bedi.

Perempuan asal Palangkaraya itu berharap harga tiket kembali normal.

"Semoga kembali normal, sehingga dapat memurahkan biaya dan kita nggak mikir lagi mau naik pesawat," ucapnya.(OL-5)

 

BERITA TERKAIT