Kebakaran Hotel di India Tewaskan 17 Orang


Penulis: Denny Parsaulian Sinaga - 12 February 2019, 13:13 WIB
SANJAY KANOJIA/AFP
 SANJAY KANOJIA/AFP

SEBANYAK 17 orang tewas dan tiga lainnya mengalami cedera ketika kebakaran melanda sebuah hotel di New Delhi, Selasa (12/2).

Kebakaran terjadi dini hari di Hotel Arpit Palace yang terletak di distrik perbelanjaan Karol Bagh, bagian padat dari pusat Kota Delhi.

Direktur Delhi Fire Services, GC Misra, mengatakan kobaran api telah dapat dikendalikan. Kebakaran terjadi usai berlangsungnya pesta pernikahan. Pihak penyelenggara telah memesan sebagian besar dari 35 kamar hotel.

Seperti dikutip dari Indian Express, salah satu korban tewas adalah seorang wanita dan anak yang mencoba melarikan diri dengan melompat dari jendela. Televisi pun menunjukkan gambar jendela-jendela hotel yang pecah.

Wakil Kepala Pemadam Kebakaran Virendra Singh mengatakan 35 orang telah diselamatkan. Sebagian besar korban sedang tidur saat kebakaran terjadi. Kebakaran diyakini disebabkan oleh korsleting.

Baca juga: Bintang Sepak Bola Brasil Berduka atas Kebakaran di Flamengo

Gambar menunjukkan asap tebal dan api muncul dari lantai atas hotel berlantai tiga yang populer di kalangan pelancong beranggaran terbatas itu. Kebakaran yang tidak disengaja sering terjadi di seluruh India karena standar keselamatan yang buruk dan lemahnya penegakkan peraturan.

Pihak berwenang di Delhi sering melakukan pengecekan untuk menegakkan aturan bangunan, tindakan keselamatan kebakaran, dan prosedur evakuasi. Namun, hal tersebut kerap gagal, para pemilik bangunan tetap pada pendiriannya.

Pekan lalu, kebakaran terjadi di sebuah rumah sakit di pinggiran kota Delhi. Kebakaran memaksa evakuasi darurat pasien. Tidak ada yang terluka.

Pada Desember, enam orang tewas ketika api membakar sebuah rumah sakit di Mumbai, ibu kota negara bagian Maharashtra barat. Pada 2017, sebanyak 14 orang tewas ketika api besar menghanguskan sebuah restoran populer di Mumbai.(channelnewsasia.com/OL-5)

BERITA TERKAIT