Balap Kuda Inggris akan Dilanjutkan dengan Kontrol Ketat


Penulis: Denny Parsaulian Sinaga - 12 February 2019, 12:39 WIB
AFP/File / CARL COURT
AFP/File / CARL COURT

BALAPAN kuda Inggris akan dilanjutkan esok Rabu (13/2) dengan risiko tertentu menyusul terjadinya wabah flu kuda. Hal tersebut dilaporkan oleh Otoritas Penunggang Kuda Inggris (BHA), pada Senin (11/2).

BHA mengatakan balapan akan dilanjutkan dengan kontrol bio-keamanan yang ketat di tempat pacuan. Keputusan tersebut pun didukung dengan suara bulat oleh komite veteriner industri.

"Jelas, ada beberapa risiko yang terkait dengan kembali melanjutkan balap," kata kepala pejabat BHA Brant Dunshea dalam pernyataan badan pemerintahan itu.

"Risiko ini dinilai berdasarkan bukti dan memastikan langkah-langkah bio-keamanan ada pada tingkat risiko yang dapat diterima," sambungnya.

Pernyataan BHA tersebut mengonfirmasi balap kuda akan dilanjutkan pada Rabu (13/2) di trek Skotlandia Musselburgh dan trek Plumpton dekat Brighton di Inggris selatan. Sebanyak 174 kandang kuda balap telah dikunci.

Baca juga: Gunakan Gajah dan Kuda Saat Pernikahan, Priyanka Chopra Dikecam

Perpanjangan penundaan melahirkan kekhawatiran yang berdampak pada Festival Cheltenham bulan depan. Karena itu, keamanan semakin diintensifkan jika ada wabah kedua.

Festival Cheltenham adalah salah satu acara dalam kalender pacuan kuda di Inggris. Festival ini melibatkan empat kuda yang divaksinasi dan telah dikonfirmasi oleh pelatih Simon Crisford di Newmarket, Inggris timur, Minggu (10/2). Tetapi tidak ada tes positif lebih lanjut setelah menganalisis ribuan sampel.

Equine influenza adalah penyakit kuda yang sangat menular dengan gejala-gejala termasuk demam tinggi, batuk dan keluarnya cairan dari hidung.

Sebelumnya, Kamis (8/2) lalu, empat balapan dibatalkan usai tiga hewan dinyatakan positif equine influenza meskipun telah divaksinasi. Pertemuan Jumat (9/2) pun tidak terjadi karena BHA lantas membatalkan semua balapan di seluruh negeri.

Beberapa balapan besar yang ditangguhkan telah dijadwal ulang, termasuk Betfair Hurdle, yang akan berlangsung di Ascot pada 16 Februari.

Pelatih juara nasional Donald McCain membenarkan kuda yang menjadi sumber wabah berasal dari istal Cheshire di Inggris barat laut.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT