Longsor Sempat Tutup Jalan, Petugas Sigap Bersihkan


Penulis: Dwi Apriani - 12 February 2019, 12:00 WIB
MI/Dwi Apriani
MI/Dwi Apriani

HUJAN deras yang terjadi di Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan, kembali mengakibatkan longsor di daerah tersebut. Beruntung tidak ada korban akibat longsor itu. 

Hanya saja, akibat dari longsor ini, material longsor sempat menutup bahu jalan.

Diketahui longsor ini terjadi Dusun Genting, Desa Sidang Panjang, Kecamatan Tanjung Sakti, Lahat. Jalan milik nasional yang menghubungkan Sumsel dan Bengkulu itu sempat menahan pengendara yang hendak melintas.

"Memang sempat ada tanah longsor tepat di Tanjung Sakti, Lahat. Akibatnya jalan nasional tertutup material longsor. Ini (tanah longsor) berada di akses jalan nasional menghubungkan Lahat, Pagaralam dan Bengkulu. Jalan yang tertutup mencapai 25 meter lebih," ujar Kapolres Lahat, AKBP Fery Harahap, Selasa (12/2).

Diakuinya, begitu mendapat informasi adanya jalan tertutup material longsor, personel kepolisian langsung ke lokasi untuk pengamanan dan mengatur jalan. 

"Tanah longsor yang menutup jalan itu terjadi karena Lahat diguyur hujan dari kemarin. Hujan itu seharian penuh dan untuk Tanjung Sakti sendiri merupakan daerah rawan yang kami antisipasi dari jauh hari," kata dia.

Baca juga: Tanah Longsor Rusak Rumah Warga di Malang

Selanjutnya, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah V Palembang pun segera membersihkan material longsor yang menutupi jalan. Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah V Palembang batas Kota Lahat-Simpang Air dingin-Pagaralam-batas Provinsi Bengkulu Zulkarnain mengatakan, longsor tidak merusak jalan, lantaran yang terjadi longsor di perbukitan yang ada sisi jalan.

"Hanya menutupi jalan saja. Kita segera bersihkan dan kini sudah bisa dilalui," tukasnya. 

Kepala Dinas PUBM Sumsel, Darma Budi mengatakan, saat ini jalan tersebut sudah kembali dibuka dan dapat dilalui kendaraan.

"Untuk longsor di Tanjung Sakti sekarang sudah dikerjakan. Itu longsor dari tebing jalan. Ada material tanah yang longsor di lokasi dan menutupi badan jalan. Ada 4 alat berat yang diturunkan untuk membersihkan material longsor," kata dia.

Budi mengatakan jalan yang tertutup tanah longsor telah dapat dilalui. Namun kendaraan tetap harus berhati-hati karena kondisi jalan licin.

"Sebagian jalan sudah dibuka, kendaraan sudah bisa lewat tapi harus hati-hati juga karena rawan longsor. Petugas pun sudah siaga di lokasi karena itu daerah rawan," tutupnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT