Ambisi Giallorossi Jaga Momentum


Penulis: AFP/Goal.com/R-1 - 12 February 2019, 02:20 WIB
AFP/ANDREAS SOLARO
AFP/ANDREAS SOLARO

TIDAK terlalu bersinar di kompetisi domestik membuat AS Roma tidak ingin membuang peluang meraih yang terbaik di Liga Champions. Klub yang kini menempati peringkat keenam klasemen sementara Seri A tersebut, akan menjadi tuan rumah di leg 1 babak 16 besar melawan FC Porto dini hari nanti.

Pelatih Roma, Eusebio di Francesco, menegaskan laga melawan Porto menjadi kesempatan tim asuhannya untuk mempertahankan semangat dalam tim. Terlebih, saat ini hanya Giallorossi, julukan Roma, dan Juventus yang menjadi wakil Italia di babak 16 besar.

“Kompetisi memang masih panjang, tetapi ini merupakan kesempatan penting bagi kami untuk menampilkan permainan hebat dan mendapatkan kembali antusiasme,” kata Di Francesco.

Bermain di kandang, membuat Roma memang lebih diunggulkan. Terlebih, Porto dipastikan tidak bisa memainkan kekuatan terbaik.

Pemain depan Jesus Corona dan Moussa Marega dipastikan tidak bisa tampil dalam laga kali ini. Corona tidak bisa tampil karena masih menjalani skors, sedangkan Marega harus menepi karena mengalami cedera.  

Namun, absennya Corona dan Marega dinilai Di Francesco tidak lantas membuat Porto lemah. Menurutnya, Porto yang ditangani Sergio Conceicao memiliki pemain pengganti yang juga memiliki kualitas bagus.

“Porto tanpa Marega dan Corona? Mereka punya pengganti yang sangat bagus seperti Tiquinho Soares dan Otavinho. Porto merupakan tim yang tahu apa yang harus dilakukan,” jelas Di Francesco.

Keyakinan yang sama juga diungkapkan gelandang Roma, Lorenzo Pellegrini. Pemain berusia 22 tahun tersebut menilai hasil dua leg babak 16 besar melawan Porto akan mengubah peruntungan Roma musim ini.

“Porto memang bukan tim teratas Eropa, tetapi tetap merupakan lawan berat. Mereka unggul fisik dan mampu menampilkan permainan yang bagus. Ini akan menjadi laga sulit. Namun, kami ingin terus melangkah,” tegas Pellegrini.

Di sisi lain, untuk kali pertama teknologi video assistant referee (VAR) akan digunakan UEFA di Liga Champions. Laga Roma versus Porto dan Manchester United kontra PSG akan menjadi laga perdana penggunaan VAR di kompetisi antarklub tertinggi di Eropa tersebut.

VAR digunakan menyusul lobi yang dilakukan beberapa klub termasuk klub-klub besar seperti Juventus. Klub asal Italia menjadi yang paling mendesak digunakannya VAR setelah musim lalu secara menyakitkan disingkirkan Real Madrid. (AFP/Goal.com/R-1)

BERITA TERKAIT