11 February 2019, 20:48 WIB

Tanah Longsor Rusak Rumah Warga di Malang


Bagus Suryo | Nusantara

MI/Bagus Suryo
 MI/Bagus Suryo

BENCANA tanah longsor melanda sejumlah lokasi di Kabupaten/Kota Malang, Jawa Timur, setelah hujan deras mengguyur kawasan setempat. Tidak ada korban jiwa, tapi bencana itu merusak sejumlah rumah warga.

Di Kota Malang, bencana longsor merusak rumah Lasmiati dan Slamet, warga Jalan Candi Sawit, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun.

Hujan deras menggerus tanah seluas 30 meter hingga merobohkan bangunan di belakang pabrik kerupuk di kawasan setempat.

Reruntuhan bangunan dan material tanah menimpa tembok dan atap dua rumah milik warga tersebut.

Petugas gabungan dari TNI, Polri, Tim Search and Rescue (SAR) dan BPBD sudah melakukan penanganan, lokasi bencana dipasang garis polisi.

"Kami juga sudah memberikan bantuan makanan siap saji dan sembako," tegas Sekretaris BPBD Kota Malang Tri Oki Rudianto kepada Media Indonesia, Senin (11/2).

Baca juga : Malang Raya Diterjang Angin Kencang, 45 Pohon Tumbang

Ia mengimbau masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan mengingat hujan deras masih mengguyur kawasan Malang dan sekitarnya. Terutama warga yang bermukim di bantaran Sungai Brantas dan Sungai Amprong harus mewaspadai potensi banjir dan longsor.

"Meskipun bencana tanah longsor tidak masif, tapi seluruh titik di bantaran sungai rawan longsor," katanya.

Sementara itu di Kabupaten Malang, hujan menggerus tanah di samping rumah Jasemo, warga RT 16 RW 03 Dusun Krajan, Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang.

Kepala Subseksi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang Mudji Utomo mengatakan hujan deras selama dua hari juga mengakibatkan bencana serupa sekaligus merusak rumah milik Marsuki dan Hudi.

Kendati kerusakan tergolong ringan, namun material tanah dari perbukitan masih rawan longsor susulan.

Petugas gabungan BPBD, PMI, perangkat desa dan relawan langsung melakukan pembersihan sekaligus meminta warga bersiaga saat hujan deras.(OL-8)

BERITA TERKAIT