Jasa Marga Lakukan Penyesuaian Tarif Tol Sedyatmo


Penulis: Andhika Prasetyo - 11 February 2019, 16:55 WIB
ANTARA
 ANTARA

PT Jasa Marga akan melakukan penyesuaian tarif terhadap salah satu tol yang dikelola yakni Tol Sedyatmo, mulai 14 Februari. Penyesuaian terjadi terhadap semua golongan. Kendaraan golongan I mengalami kenaikan Rp500 dari sebelumnya Rp7.000 menjadi Rp7.500.

Untuk golongan II, tarif naik Rp1.500 dari Rp8.500 menjadi Rp10.000. Adapun, tarif golongan III tidak mengalami perubahan di angka Rp10.000.

Penyesuaian tidak hanya diwarnai kenaikan. Pada kendaraan golongan IV terjadi penurunan tarif sebesar Rp1.500 yakni dari Rp12.500 menjadi Rp11.000. Begitu pun golongan V yang turun drastis dari Rp15.000 menjadi Rp11.000.

Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur mengungkapkan kebijakan penyesuaian tarif mengacu pada dasar hukum yakni Pasal 48 Undang-Undang 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

"Evaluasi dan penyesuaian tarif tol memang dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi," ujar Subakti di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Senin (11/2).

Baca juga: Tarif Tol Mahal, Jasa Marga: Lewat Jalan Tol itu Opsi

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan penyesuaian tarif tol tidak sama di setiap ruas karena mengikuti laju inflasi di tiap-tiap provinsi yang dilewati ruas tol tersebut.

Penghitungannya didasarkan pada tarif yang berlaku saat ini kemudian ditambah akumulasi laju inflasi provinsi selama dua tahun terakhir. Penyesuaian tarif tol pun selalu diimbangi dengan peningkatan standar pelayanan minimum (SPM) pada infrastruktur jalan tol terkait yang dievaluasi oleh BPJT.

Setidaknya, terdapat delapan indikator sehingga ruas tol dianggap sudah memenuhi SPM, beberapa di antaranya ialah kondisi jalan, dimensi kecepatan, kecepatan transaksi rata-rata dan jumlah antrean kendaraan.

Jika SPM tidak terpenuhi, BPJT tidak akan merekomendasikan penyesuaian tarif ruas tol yang bersangkutan kepada pemerintah.(OL-5)

BERITA TERKAIT