DPRD DKI Dukung Penuh Pemprov Swakelola Air


Penulis: Putri Anisa Yuliani - 11 February 2019, 16:31 WIB
ANTARA
ANTARA

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mendukung penuh langkah swakelola penyediaan air minum yang hendak ditempuh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Prasetyo menganggap langkah ini seharusnya sudah ditempuh sejak dulu. Meskipun dianggap terlambat, pihaknya mengapresiasi dan mendesak agar swakelola ini bisa dilakukan secepatnya.

"Harusnya dari dulu. Kita di DPRD minta dari dulu. Mereka (swasta) sudah gagal," kata Prasetyo ditemui di Balai Kota DKI, Senin (11/2).

Baca juga: Ingin Swakelola Air, Ini Pilihan yang Bisa Ditempuh Anies

Prasetyo pun mendorong Pemprov DKI mengambil alih secara penuh penyediaan air minum. Jika kebijakan itu mengharuskan Pemprov DKI memutus kontrak dengan dua perusahaan penyediaan air minum yakni PT Palyja dan PT Aetra, dirinya tidak akan sungkan menyetujui pemberian dana guna membayar pinalti.

"Kalau mau putus kontrak ya lakukan saja. Uang kita punya kok. Paling untuk pinalti kita bayar Rp2 triliun. DPRD mau kok kasih karena urusannya kan jelas buat apa," tegasnya.

Prasetyo optimistis di bawah PD PAM Jaya penyelenggarakan penyediaan air minum kepada masyarakat DKI dapat berlangsung dengan baik.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana melakukan swakelola air. Untuk melakukan langkah tersebut pihaknya harus menegosiasikan ulang perjanjian kerja sama (PKS) dengan Palyja dan Aetra selaku perusahaan penyediaan air minum. Diharapkan rencana-rencana serta target renegosiasi itu bisa selesai disusun PD PAM Jaya dalam satu bulan ke depan.(OL-5)

BERITA TERKAIT