Operasi Lintas Jaya 2019, Tingkat Kepatuhan Diharapkan Meningkat


Penulis: Putri Anisa Yuliani - 11 February 2019, 09:57 WIB
MI/ BARY FATHAHILAH
 MI/ BARY FATHAHILAH

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan TNI dan Polri resmi menggelar Operasi Lintas Jaya 2019 hari ini. 

Giat ini dilakukan guna menertibkan keamanan serta transportasi jelang Pemilu 2019 yang akan diselenggarakan serentak 17 April mendatang.

Operasi Lintas Jaya 2019 dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pagi ini dalam apel gabungan di Lapangan Irti, Monas, Senin (11/2). 

Dalam sambutan, Anies mengatakan harapannya tingkat kepatuhan masyarakat terhadap aturan berlalu lintas dapat meningkat. Tahun lalu pascadilakukannya Operasi Lintas Jaya 2018 tingkat kepatuhan meningkat 8%.

"Dinas Perhubungan menargetkan tahun ini tingkat kepatuhan bisa meningkat hingga 20%. Kita harap itu bisa tercapai dan ketertiban menjadi penting karena ketertibannya mengantarkan kepada keselamatan," kata Anies, Senin (11/2).

 

Baca juga: Jalan Protokol bakal Mirip Hong Kong

 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga mengimbau agar dalam menjalankan tugasnya, para petugas Dishub maupun TNI dan Polri dapat menggunakan pendekatan persuasif, tegas, disiplin, dan manusiawi.

Karena ia menegaskan bukan hanya secara teknis operasi ini sukses menjaring banyak pelanggar, masyarakat juga diharapkan dapat tumbuh kesadaran dalam berlalu lintas.

Di sisi lain, Operasi Lintas Jaya 2019 juga diharapkan dapat membawa ketertiban dua bulan menjelang Pemilu. Menurut Anies keamanan bisa terus dijaga bahkan ditingkatkan tidak hanya di sektor transportasi tetapi juga keamanan sosial.

"Mari kita pastikan bahwa ketertiban lalu lintas menjelang dan pasca pesta demokrasi berjalan baik di ibukota dan sekitarnya karena ini akan membantu membuat citra positif Indonesia di mata bangsa kita sendiri maupun di dunia internasional, sekaligus memastikan kesuksesan pesta demokrasi tahun 2019," ujarnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT