Para Legenda yang Gagal Kantongi Grammy


Penulis: Irana Shalindra - 11 February 2019, 08:50 WIB
Wikipedia
Wikipedia

Senin pagi ini tengah berlangsung pesta terbesar industri musik AS, Grammy Awards 2019. Tahun ini, acara tahunan tersebut kembali mendapat sorotan dengan absennya performa dari sejumlah artis yang menjadi nomine, seperti Ariana Grande, Kendrick Lamar, Drake, dan Childish Gambino.

Padahal, Grande misalnya, sudah sempat dipromosikan menjadi salah satu pengisi acara. Ia mundur lantaran mengalami friksi dengan salah satu produser acara akbar tersebut.

Pertanyaan mengenai seberapa kredibel Grammy Award dalam menentukan kemulusan karier musisi pun menyeruak. Dikutip dari situs Ultimaterockclassic, ternyata tidak sedikit musikus rock terkenal yang tak sekalipun mengantongi Grammy. Toh, mereka ternyata tetap sukses, dan bahkan melegenda.

Berikut ini beberapa di antaranya:

 Queen

Band asal Inggris ini sempat menjadi nomine Best Pop Vocal Performance pada 1976 lewat lagu Bohemian Rhapsody, namun kalah oleh lagu If You Leave Me Now milik Chicago. Pada 1980, Queen kembali masuk nominasi Grammy untuk Best Vocal Rock Performance untuk Another One Bites the Dust. Sungguh mencengangkan penghargaan itu lolos dari tangan mereka, dan jatuh kepada Bob Seger untuk Against the Wind.

 

Guns N 'Roses

Guns N 'Roses telah mencoba dan gagal mengklaim tiga Grammy. (Omong-omong, tak satu pun dari nominasi itu akbum Appetite for Destruction...ckckck) Butuh beberapa waktu, tetapi Slash, Duff McKagan dan Matt Sorum akhirnya mengklaim Grammy lewat grup Velvet Revolver untuk "Slither" pada 2005.

 

Joe Satriani

Diakui khalayak sebagai gitaris jenius, Joe Satriani telah mendapatkan 15 nominasi Grammy selama bertahun-tahun. Sayangnya, tak satupun yang ia menangkan.

 

The Who

Ini bukan berarti lemari piala Roger Daltrey dan Pete Townshend sepenuhnya kosong. The Who memenangkan Lifetime Achievement Award, 'hadiah hiburan' Grammy, pada 2001, dan juga penghormatan di Kennedy Center Honors pada 2008. Namun, Anda akan berpikir lagu Tommy atau Who's Next seharusnya memenangkan sesuatu, kan?

 

Patti Smith

Walau namanya sudah terukir pada Rock and Roll Hall of Fame, Patti Smith tetap 'diabaikan' oleh kalangan Grammy. Peluang Smith yang paling dekat untuk meraih trofi adalah ketika dia kalah dari Fiona Apple dan Sheryl Crow, masing-masing pada 1998 dan 2001.

 

Janis Joplin

Janis Joplin bahkan tidak pernah dinominasikan sampai setelah kematiannya yang terlalu dini - kemudian kalah dua kali pada tahun 1971. Dia kemudian diberi Grammy Lifetime Achievement Award pada 2005.

 

The Doors

Di satu sisi, Jim Morrison meninggal hanya selang enam tahun setelah band ini terbentuk, mendapatkan keanggotaan yang tidak begitu diidamkan di "27 Club." Di sisi lain, The Doors melakukan beberapa hal yang sangat keren dalam waktu terbatas itu, dan mereka seharusnya sudah diakui sebelum 2007, ketika mereka akhirnya diberikan Grammy Lifetime Achievement Award.

 

Chuck Berry

Seperti banyak legenda dalam daftar ini, Chuck Berry akhirnya dianugerahi Grammy Lifetime Achievement Award. Tetapi itu baru terjadi pada 1984, beberapa dekade setelah Berry memainkan peran penting dalam kelahiran rock 'n' roll. Di mana pujian saat itu? (M-2)

BERITA TERKAIT