Memahami Keberagaman lewat Kehidupan Kampus


Penulis: MI - 08 February 2019, 10:00 WIB
ANTARA/Destyan Sujarwoko
 ANTARA/Destyan Sujarwoko

INDONESIA merupakan negara yang kaya akan keberagaman mulai suku, bahasa, adat istiadat, dan sebagainya. Dengan luas wilayah mencapai 7,81 juta kilometer persegi, tidak mengherankan jika Indonesia memiliki itu semua.

Jika ingin merasakan keberagaman yang ada di Indonesia dalam satu tempat, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan tempat yang tepat karena provinsi itu disebut sebagai 'mini Indonesia'.

DIY merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan sebutan sebagai Kota Pelajar. Banyak orang dari berbagai tempat di seluruh Indonesia datang untuk belajar, khususnya untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Apabila mencari penghidupan, ilmu, dan sebagainya di DIY, sebaiknya ikut memahami dan mempelajari budaya serta bahasa Jawa. Kita bisa berteman dengan siapa pun agar memiliki banyak pengetahuan tentang kebudayaan lain.

Ketika di kampus, jika kita bukan merupakan orang asli Jawa, teman-teman juga akan tertarik. Biasanya mereka ingin mengetahui tentang bahasa sehari-hari yang biasa kita gunakan. Walau itu terkadang dijadikan bahan candaan karena pelafalan yang terdengar asing dan memiliki arti berbeda. Terlepas dari perbedaan budaya maupun bahasa, Indonesia dikenal dengan penduduk yang (seharusnya) ramah.

Indonesia dengan semua keberagaman yang dimiliki tentunya juga sering terdapat hal-hal yang kurang mengenakkan. Untuk itu, ketika menemukan suatu perbedaan pada orang lain, sebaiknya kita bisa memahami dan tidak bertindak semaunya. Kita harus selalu menanamkan nilai-nilai kebangsaan yang ada pada semboyan negara kita, yakni Bhinneka Tunggal Ika.

BERITA TERKAIT