Polisi Sebut Debat Perdana Capres Berlangsung Kondusif dan Tertib


Penulis: Ferdian Ananda Majni - 18 January 2019, 17:59 WIB
Dok. MI
 Dok. MI

KEPALA Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan debat perdana capres cawapres yang dipusatkan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, berlangsung kondusif dan tertib. Bahkan, lokasi yang dijadikan nonton bareng kedua pendukung juga terkendali.

"Segala macam potensi gangguan bisa dimitigasi PMJ dan jajaran," kata Dedi, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (18/1)

Baca juga: TKN: Jokowi Konkret, Prabowo-Sandi Sibuk Beretorika

Dedi menyebutkan, dalam menentukan rute dan pengaturan lalu lintas terhadap iringan pasangan calon capres-cawapres mulai dari kediaman mereka masing-masing menuju lokasi debat, juga berlangsung lancar dan aman. "Alhamdulillah, dari mulai para capres cawapres masuk dalam gedung Bidakara kemudian proses pelaksanaan debat berlangsung lancar sampai capres kembali," lanjutnya.

Dedi juga mengapresiasi konsep pengamanan Kepolisian Metro Jaya, dimana mereka menyiapkan empat lapis pengamanan debat calon presiden putaran pertama yang diadakan Komisi Pemilihan Umum di Hotel Bidakara, Jakarta. "Dengan konsep pengamanan yang dibagi 4 ring pelaksanaan debat dengan sangat aman dan baik," sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono mengatakan, ring pertama berada dalam ruangan debat. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang akan memimpin pengamanan dalam ruangan. "Di luar ruangan, ring dua, pihak Kepolisian dan TNI yang akan berjaga," kata Argo.

Sementara itu, pengamanan ring tiga berada di luar hotel dan Kompleks Perkantoran Bidakara. Terakhir, pengamanan ring empat ditempatkan di luar lokasi debat. "Pengamanan ring empat dikawal dari jajaran Direktorat Lalu Lintas dan Sabhara," katanya.

Argo menyebut, Polda Metro Jaya berencana mengerahkan hampir 2 ribu personel untuk mengawal debat capres putaran pertama yang bertema hukum, HAM dan terorisme itu. (OL-6)

BERITA TERKAIT