Ini Cara Tidak Dilacak Perusahaan Teknologi


Penulis: Abdillah M Marzuqi - 17 January 2019, 19:10 WIB
Thinkstock
 Thinkstock

 

Tahun lalu perusahaan teknologi diterpa isu buruknya layanan mereka melindungi informasi pribadi pelanggan. Bahkan beberapa aplikasi memiliki kemampuan melacak posisi penggunanya.

Pasalnya banyak pengguna tidak mengerti sistem pelacakan. Pengguna ponsel pintar tidak pernah ditanya tentan gkesediaan mereka untuk berbagi informasi pribadi, termasuk akses lokasi gawai mereka. Perusahaan teknologi juga tidak mengajari pelanggan tentang pelacakan itu. Bahkan, perusahaan seolah-olah sengaja mengaburkan detail penting untuk kepentingan bisnis berbasis data yang benilai miliaran.

Sebagian besar praktik perlindungan data terdapat dalam kebijakan privasi. Sebelum menggunakan layanan, biasanya pengguna diharuskan menyetujui syarat dan ketentuaan dari perusahaan. Kebijakan tersebut biasa dimulai dengan pernyataan seperti 'privasi Anda penting bagi kami. Manis memang, namun realitasnya seringkali berbeda.

Idealnya, pengguna dapat memilih untuk menemukan layanan serupa dari perusahaan berbeda yang memiliki syarat dan ketentuan perlindungan data privasi yang lebih baik.

Masalahnya, pengguna seperti hampir tidak memiliki pilihan. Alih-alih  mempertanyakan atau menyatakan keberatan. Semua perusahaan menggunakan cara itu. Pengguna hanya dihadapkan pada dua pilihan yakni setuju atau tidak menggunakan layanan.

Jika hendak mempelajarinya, pengguna pun akan dihadapkan pada rincian panjang dokumen hukum. Rincian tersebut sulit dipahami bagi sebagian besar pengguna.

Sebagian besar pengguna tidak menyadari bahwa informasi pribadi bisa dijual kembali untuk membuat iklan yang lebih tepat sasaran. Parahnya data pribadi pengguna bisa diakses pihak ketiga atau disalahgunakan.

Matikan

Jika para penggunanya tidak nyaman dengan pelacakan, ada sejumlah cara melindungi privasi. Pertama, mempelajari cara mematikan layanan lokasi di perangkat iPhone atau Android. Kedua, aktifkan lokasi hanya saat menggunakan aplikasi yang membutuhkan, seperti peta. Hindari aplikasi lainnya seperti Facebook Mobile. Sebagai gantinya, gunakan perambah dengan mode pribadi, seperti Firefox. Hati-hati terhadap pengaturan bawaan (default) yang bisa mengungkapkan informasi pribadi.

"Sebagai sarjana yang membidangi interaksi manusia-komputer, satu masalah yang saya pelajari adalah kekuatan default. Ketika perusahaan menetapkan default dalam suatu sistem, seperti 'layanan lokasi diaktifkan,' orang tidak mungkin mengubahnya, terutama jika mereka tidak tahu ada pilihan lain yang bisa mereka pilih," terang Jen King sebagaimana dilansir Dailymail.

Memang saat menonaktifkan layanan lokasi, beberapa aplikasi yang menampilkan informasi lokasi dibutuhkan untuk meningkatkan pengalaman atau agar aplikasi lain tidak terganggu. Pengguna tidak ditanya pertanyaan penting lainnya, seperti persetujuan jika perusahaan aplikasi menjual riwayat lokasi mereka ke perusahaan lain. Apakah cara menonaktifkan riwayat lokasi efektif? Tidak juga, beberapa perusahaan sering menyimpan lokasi pengguna.
Mesti tidak semua, ada cara menghapusnya. Penyebabnya, ketika perangkat terhubung internet, secara otomatis alamat IP dapat dipetakan secara geografis. Selain itu, ponsel cerdas juga terhubung ke menara seluler, sehingga operator mengetahui lokasi pengguna. (M-3)

Ini cara menonaktifkan pelacakan secara umum :
- Jalankan browser dan buka myactivity.google.com
- Masuk ke akun Google
- Buka menu 'kontrol aktivitas'
- Matikan 'Aktivitas Web dan Aplikasi' dan 'Riwayat Lokasi'.
- Hapus semua riwayat penjelajahan internet
Google akan memperingatkan pengguna bahwa beberapa layanan tidak akan berfungsi dengan baik jika pengaturan ini dinonaktifkan.

Perangkat ponsel berbasis iOS
- Jika menggunakan Google Maps, sesuaikan pengaturan lokasi pada aplikasi dengan 'Saat Menggunakan'. Ini akan mencegah aplikasi mengakses lokasi saat tidak aktif.
- Buka pengaturan layanan lokasi dan privasi, lalu pilih Google Maps untuk melakukan penyesuaian.
- Pada peramban web Safari, pertimbangkan untuk menggunakan mesin pencari selain Google.
- Pada pengaturan Safari Search Engine, pengguna dapat menemukan opsi lain seperti Bing atau DuckDuckGo.
- Pengguna dapat menonaktifkan lokasi saat berinternet dengan membuka Pengaturan Privasi Layanan Lokasi Situs Web Safari, dan mengubahnya menjadi 'Tidak Pernah'.
- Mematikan Layanan Lokasi pada perangkat dari Pengaturan Privasi Layanan Lokasi.
- Google Maps dan Apple Maps akan tetap berfungsi, tetapi mereka tidak akan tahu di mana posisi pengguna di peta dan tidak dapat memberi arahan.

Perangkat ponsel berbasis Android
- Pada ikon pengaturan utama klik 'Keamanan & lokasi.' Gulir ke bawah ke tajuk 'Privasi'. Ketuk 'Lokasi.' Pengguna dapat mematikannya untuk seluruh perangkat.
- Pilih 'Izin aplikasi' untuk mematikan akses ke berbagai aplikasi.
Berbeda dengan iPhone, Android tidak memiliki pengaturan untuk 'Saat Menggunakan.' Pengguna tidak dapat mematikan layanan Google Play.

BERITA TERKAIT