Setelah Perjalanan Karier Marketing


Penulis: (Des/M-1) - 17 January 2019, 01:45 WIB
MI/PIUS ERLANGGA
MI/PIUS ERLANGGA

TERBILANG masih muda, tetapi Bayu Janitra Wijoatmodjo telah memiliki pengalaman di berbagai perusahaan. Pria kelahiran 17 April 1984 itu setidaknya sudah pernah bekerja di empat perusahaan dan menjalani berbagai jenjang karier sebelum akhirnya mendirikan Topkarir bersama Diana Tanu.

Selepas lulus sarjana Teknik Komputer Universitas Bina Nusantara, ia bekerja dibagian promosi. Dua tahun bekerja, ia pindah ke perusahaan lain dan menjadi supervisor sales untuk acara khusus. Di perusahaan kedua ini ia bertahan hingga empat tahun dan dalam waktu singkat itu sudah bisa menduduki posisi manajer.

Meski begitu, posisi cukup mapan tidak juga membuatnya puas. Ia kemudian terjun ke industri pertelevisian, meski tetap menjalani bidang marketing. Namun, satu tahun kemudian ia sudah pindah perusahaan lagi. Di perusahaan keempat inilah Bayu menyelami dunia pencarian kerja.

Dengan pengalaman sebagai Head of Marketing Jobs DB Indonesia itulah ia kemudian memberanikan diri mendirikan Topkarir. Bersama pendiri lainnya, Diana, mereka berkomitmen tidak sekadar menyediakan portal pencarian kerja, tetapi juga pengembangan karier. Ia juga sangat merasa terbantu dengan Andy F Noya dan Billy Boen yang juga menjadi bagian dari terbentuknya Topkarir ini.

Bagi Bayu, pendirian Topkarir bukan saja soal bisnis, melainkan juga panggilan hati setelah menyadari tingginya tingkat persaingan kerja di Indonesia. Ia pun merasa lulusan SMA/SMK membutuhkan perhatian lebih agar bisa bersaing dan meraih yang terbaik di pasar pekerjaan.

Ayah dua anak ini menyadari jika angkatan kerja muda itu merupakan keunggulan bangsa, tetapi juga bisa menjadi beban jika kebutuhan lapangan pekerjaannya tidak dijembatani. Ia berharap dengan berbagai program yang disediakan Topkarir, angkatan kerja lulusan SMA/SMK itu dapat meraih pekerjaan yang sesuai dan bahkan bukan tidak mungkin terus mengembangkan karier yang lebih dari latar pendidikan mereka. (Des/M-1)

 

BERITA TERKAIT