Cari Jodoh, Resolusi Utama Warganet di 2019


Penulis: Irana Shalindra - 14 January 2019, 09:05 WIB
Ilustrasi -- Getty Images/iStockphoto iStockphoto/THINK STOCK
Ilustrasi -- Getty Images/iStockphoto iStockphoto/THINK STOCK

TAHUN baru kerap menjadi momentum bagi banyak orang untuk menyusun resolusi. Bisa menyoal karier, kesehatan, pendidikan, atau asmara.

Nah, dari hasil pantauan Isentia, perusahaan media intelligence yang berbasis di Australia, resolusi utama mayoritas warganet Indonesia ternyata seputar jodoh.

Jadi, terhitung dari 1 Desember 2018 hingga 10 Januari 2019, Isentia menemukan 14.349 buzz di media sosial terkait resolusi di tahun 2019. Kurang lebih.93% dari perbincangan tersebut berlangsung di Twitter, 4% di Facebook, 2% melalui Instagram, sementara 1% sisanya pada blog dan forum.

Adapun momentum pembicaraan tertinggi terjadi pada 31 Desember 2018, yaitu mengenai refleksi warganet atas momen yang sudah dilewati sepanjang 2018.

Resolusi dengan persentase tertinggi merupakan resolusi mempunyai pacar atau menikah, yaitu 78% dari total pembicaraan. Berikutnya ialah resolusi mempunyai kendaraan pribadi sebanyak 13%, memiliki investasi dan hidup sehat 3%, bisa berlibur dan sukses dalam karier 2%, serta lulus pendidikan sejumlah 1%.

Sementara itu, resolusi menjadi kurus dan membahagiakan orang tua, turut ambil bagian 0,7% dan 0,1% dari total pembicaraan seputar resolusi 2019.

Uniknya, kata “duit” merupakan kata yang paling banyak di-mention dalam perbincangan resolusi 2019 ini – sebanyak 2.199 kali.

“Meski sebagian besar netizen Indonesia memiliki resolusi untuk mempunyai pacar atau menikah di tahun ini, kata 'duit' bisa jadi paling banyak disebut karena relevan dengan hampir semua resolusi yang disebutkan netizen di media sosial,” jelas Jessica Aditya, Senior Insights Analyst dari Isentia Indonesia. (RO/M-2)

BERITA TERKAIT