Indonesia Raih The Best Destination


Penulis: Dhika Kusuma Winata - 13 January 2019, 08:30 WIB
Dok. Kemenpar
Dok. Kemenpar

INDONESIA memenangi penghargaan sebagai The Best Destination dalam ajang penganugerahan Reisgraag Award.

Penghargaan ini diberikan dalam rangkaian acara pameran pariwisata Vakantibeurs di Utrecht, Belanda. Acara itu merupakan wahana promosi pariwisata terbesar di wilayah Benelux (Belgia, Belanda, dan Luxemburg), pada 9-13 Januari.

“Penghargaan ini pertama kali­nya diberikan kepada Indonesia. Ajang penghargaan tahun ini ialah kedelapan kalinya. Tahun lalu yang mendapatkan Best Destination Award ialah Austria,” kata Agustini Rahayu, Asdep Pengembangan Pemasaran II Regional IV (Eropa) Kementerian Pariwisata melalui keterangan pers yang diterima Media Indonesia, kemarin.

Menurutnya, apresiasi yang diraih dunia internasional kali ini membawa angin segar bagi pariwisata Tanah Air. Pasalnya, setahun terakhir menjadi masa yang cukup berat bagi kepariwisataan Indonesia. Bencana alam yang terjadi berturut-turut cukup memengaruhi kunjungan wisatawan Eropa.

“Penghargaan ini sangat berarti. Indonesia masih mendapatkan Best Destination Award berdasarkan review-review positif dari konsumen dan biro perjalanan di Belanda. Kami berharap penghargaan ini dapat memberikan dampak positif untuk kepariwisataan Indonesia di Eropa, khususnya di Belanda sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan pada 2019 ini,” jelasnya.

Indonesia mendapatkan nilai rata-rata 8,8 dari total 7.000 ulasan yang ditulis pada website Reisgraag.nl. Reisgraag Award merupakan satu-satunya penghargaan terverifikasi di industri pariwisata Belanda.

Partisipasi Indonesia pada Vakantibeurs untuk ke-49 kalinya itu juga dikhususkan untuk menarik wisatawan Belanda dan sekitarnya untuk masa liburan musim panas.

Belanda merupakan salah satu dari lima pasar utama di Eropa yang diharapkan dapat memberikan kontribusi wisman sebesar 310.000 orang dari target total 20 juta wisman 2019.

Tahun lalu, Vakantiebeurs diikuti­ 1.126 peserta dan dihadiri 105.369 pengunjung dari 119 negara. Kemenpar memfasilitasi 21 industri pariwisata pada pameran tersebut. (Dhk/N-2)

BERITA TERKAIT