Kemenkes Minta Seluruh Kepala Daerah Antisipasi DBD


Penulis: Indriyani Astuti - 12 January 2019, 10:50 WIB
ANTARA FOTO/Syaiful Arif
ANTARA FOTO/Syaiful Arif

DIREKTUR Jenderal Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Anung Sugihantono mengatakan hingga akhir Desember 2018, ada 22 provinsi di Indonesia yang dilaporkan mengalami peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Dari 22 provinsi itu ada beberapa wilayah yang menyatakan sudah masuk kategori kejadian luar biasa (KLB).

KLB, imbuhnya, terjadi di yakni Kabupaten Kapuas, Provinsi Sulawesi Utara, Kota Manado, dan Kabupaten Manggarai Barat. Ia mengingatkan pada kepala daerah untuk mengantisipasi potensi DBD di musim hujan.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dinyatakan curah hujan tidak merata di seluruh wilayah sehingga mengakibatkan adanya genangan air yang dapat menjadi tempat perkembangbiakan jentik nyamuk pembawa DBD.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, Siti Nadia Tarmizi, menambahkan KLB  sudah ditanggulangi oleh tim gerak cepat Kemenkes bersama dinas kesehatan propinsi setempat.

“Kemenkes juga sudah melakukan penyelidikan sumber penularan DBD dan sudah dilakukan langkah stop penularan DBD agar KLB tidak meluas,” kata Nadia. (OL-7)

 

BERITA TERKAIT