Basarnas Bandung Evakuasi Korban Puting Beliung di Rancaekek


Penulis: Depi Gunawan - 11 January 2019, 21:55 WIB
MI/Depi Gunawan
MI/Depi Gunawan

KANTOR Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung menerjunkan tim untuk membantu mengevakuasi warga yang menjadi korban terdampak bencana angin puting-beliung di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/1).

Juru bicara tim Pencarian dan Pertolongan itu, Joshua Banjarnahor, mengatakan, tim dari Kantor SAR Bandung bersama tim gabungan lainnya dari TNI Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta sukarelawan telah terjun ke daerah terdampak bencana.

"Kantor SAR Bandung menerjunkan pasukannya untuk memastikan tidak ada korban jiwa," kata Joshua.

Ia menuturkan, jajarannya siap mengevakuasi warga yang terdampak bencana angin puting beliung ke tempat yang lebih aman, dan terhindar dari ancaman bahaya material bangunan. Ia menyampaikan, daerah yang terdampak bencana angin puting beliung yakni Kecamatan Rancaekek dan Sapan. Di sana beberapa rumah warga rusak bagian atapnya akibat diterjang angin kencang.

"Wilayah terdampak Racaekek dan Sapan, sedangkan beberapa rumah warga yang terkena ada di Perumahan Kencana, juga Rancaekek Permai. Tapi kami fokus ke korban," katanya.

Ia menyampaikan, hasil penanganan sementara tim SAR yakni membantu penyelamatan warga yang mengalami luka-luka, selanjutnya dibawa ke Puskesmas setempat untuk mendapatkan penanganan medis.

"Korban luka satu orang dibawa ke Puskesmas," katanya.

Sementara itu sebagian warga lainnya dibawa ke kantor desa, dan sebagian lagi mengungsi ke rumah saudaranya masing-masing.

"Kondisi terkini korban sudah dievakuasi di tempat lebih aman," katanya.

Sebelumnya, angin puting beliung melanda sebagian daerah Kecamatan Rancaekek dan merusak rumah warga termasuk fasilitas umum lainnya. Bencana yang sempat membuat panik warga itu berhasil terekam video oleh warga, dan cepat tersebar melalui media sosial seperti YouTube. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT