Polisi Selidiki Hubungan 6 Tersangka Kasus Hoaks Surat Suara Tercoblos


Penulis: Putri Anisa Yuliani - 11 January 2019, 19:33 WIB
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

HINGGA saat ini, Polisi masih menyelidiki keterkaitan enam tersangka kasus informasi hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos.

"Kami masih mendalami tersangka BBP. Lalu Polda juga sudah merilis tersangka baru. Nanti kita padukan hasil penyelidikan kita untuk mengetahui tentang hubungan mereka," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di Gedung Divisi Humas, Mabes Polri, Jumat (11/1).

Baca juga: Tersangka Baru Hoaks Tujuh Kontainer Seorang Guru

Sebelumnya, Bareskrim Mabes Polri telah menangkap lima orang tersangka yakni HY dan LS yang diamankan pada Selasa (4/1). HY ditangkap di Bogor sementara LS ditangkap di Balikpapan. Sementara Polda Metro Jaya menangkap tersangka MIK di Cilegon, Banten pada 6 Januari lalu.

Selanjutnya, Polri menangkap tersangka ketiga J dan keempat, B berhasil ditangkap pada Senin (7/1). J diamankan di Bumiayu sementara B ditangkap di Bekasi. Pada hari yang sama tersangka kelima juga berhasil diamankan di Sragen, Jawa Tengah berinisial BBP.

Pengembangan bersama hasil penyelidikan itu bertujuan agar Polisi dapat mengungkapkan aktor intelektual dibalik aksi-aksi para tersangka yang menyebarkan informasi hoaks di media sosial.

Sementara ini, keenam pelaku mengaku beraksi sendiri-sendiri dan tidak mengenal satu sama lain. Keenam pelaku juga mengaku tidak diarahkan oleh pihak lain dalam menyebarkan informasi hoaks itu.

"Sementara inisiasi sendiri tapi kita terus mendalami. Silakan dia menyampaikan seperti itu," terang Dedi. (OL-6)

BERITA TERKAIT