PBB: Topik HAM Harus Ikut Dibahas di Pertemuan AS-Korut


Penulis: Micom - 11 January 2019, 17:10 WIB
AFP
AFP

SEORANG pejabat senior PBB memperingatkan bahwa ada "kesempatan besar yang hilang" jika pertemuan pemimpin Amerika Serikat dengan Korea Utara di tahun ini tidak membahas topik hak asasi manusia.

"Jika para peserta perundingan tidak membahas soal HAM, itu berarti ada kesempatan besar hilang. Pemimpin Korut harus mau membahasnya," kata Tomas Ojea Quintana, pejabat PBB soal HAM.

Dalam pertemuan AS-Korut tahun lalu, masalah HAM tidak dibahas secara serius. Donald Trump yang didampingi Presiden Korea Selatan Moon Jae-in lebih terfokus kepada topik diplomasi serta masalah senjata nuklir Korut.

Quintana menyatakan situasi HAM di Korut masih tetap memprihatinkan walaupun sudah ada perkembangan di sisi diplomasi pada tahun lalu.

Pengacara asal Argentina itu juga lalu mendesak pemerintah Korsel untuk lebih bekerja sama dengan China supaya para pelarian Korut yang ingin pergi ke Korsel namun tertangkap di China tidak dikembalikan ke Pyongyang. Selama ini China memandang para pelarian itu bukan sebagai pengungsi melainkan sebagai orang asing ilegal. (X-11)


 

BERITA TERKAIT