Pencurian Uang di Kotak Amal Kian Marak di Depok


Penulis: Kisar Rajaguguk - 11 January 2019, 16:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

KASUS pencurian uang kotak amal terus menghantui warga khususnya pengurus Masjid di Kota Depok, Jawa barat. Terakhir, Jumat (11/1), uang sumbangan masyarakat dikuras habis pencuri dari Masjid Al-Huda di Jalan Raya Tole Iskandar, Kelurahan Mekar Jya, Kecamatan Sukma Jaya.

Suhendra, pengurus masjid mengatakan pencurian uang kotak amal di Masjid Al-Huda kerap terjadi. "Sudah sering terjadi. Dan, ini sudah sangat meresahkan," kata Suhendra usai pembuatan laporan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SKPT) Polsek Sukma Jaya, Jumat (11/1)

Menurut Suhendra, pencurian di masjid Al_Huda yang letak lokasinya persis di pinggir Jalan Raya Tole Iskandar, Sukma Jaya kerab menjadi sasaran pelaku. Padahal sudah dipasang rantai. “ Rantainya dibongkar dengan pakai obeng dan tang. Uang yang diambil terdiri dari pecahan logam dan kertas berkisar Rp1,379.000, “ katanya.

Karena pencurian kotak amal sudah sangat meresahkan, Suhendra ditemani bebera warga mengintai di sekitar Masjid. Mereka berharap pelaku secepatnya ditangkap. Usai Sholat hari Jumat (11/1), Suhendra mendapati seorang lelaki sedang membobol kotak di Masjid Alhuda, Jalan Tole Iskandar, Sukma Jaya.

Ia secepatnya menginformasikan hal tersebut kepada Polsek Sukma Jaya. Mendapatkan laporan, Polisi tiba di lokasi. Dalam hitungan menit pembobol kotak amal tersebut diringkus, Jumat (11/1). Lelaki itu diamankan ketika berada di Masjid Al-Huda, Jalan Raya Tole Iskandar, Kelurahan Mekar Jaya, Sukma Jaya.

Kepala Polsek Sukma Jaya Komisaris IGN Bronet Ranapati mengatakan, pelaku dibekuk ketika mengambil isi kotak amal di Masjid Al- Husna, Jalan Raya Tole Iskandar, Kelurahan Mekar Jaya., Sukma Jaya dengan total kerugian Rp1 379.000.

"Barang bukti yang diamankan berupa satu buah obeng untuk mencongkel kotak amal, satu buah tang untuk menggunting kawat, satu buah tas gendong dan satu buah kotak ama," kata Bronet, Jumat (11/1)

Pencuri itu bernama Budiman warga Dusun I Desa Cinta Marga Kecamatan Teluk Gelam, Palembang, Sumatera Selatan. Saat ditangkap, Budiman sedang membongkar kotak amal di Masjid. "Kami amankan pelaku (Budiman) saat dia membongkar kotak amal," sebut Bronet

Dari hasil pemeriksaan, sambung Bronet, Budiman mengaku jika seringkali salat di masjid itu. Niat jahatnya muncul saat mengetahui lokasi penyimpanan kunci kotak amal tersebut.Dan dia memilih beraksi siang hari dengan harapan agar aksinya tidak dilihat siapapun. Sebab saat siang hari, masjid itu dalam keadaan sepi.” Kita sedang dalami apakah dia pelaku pembobolan kotak amal dibeberapa Masjid di Kecamatan Sukma Jaya yang terjadi beberapa bulan terakhir," pungkas Bronet (OL-4)

BERITA TERKAIT