Singapura Tuding Kapal Malaysia Kembali Langgar Perbatasan


Penulis: Sonya Michaella - 11 January 2019, 09:36 WIB
Medcom.id
Medcom.id

SETIDAKNYA lima kapal milik Malaysia dilaporkan masih terlihat di perairan teritorial Singapura. Salah satu kapal merupakan kapal pelampung MV Pedoman.

MV Pedoman, berisi 22 awak, merupakan kapal yang menggantikan MV Polaris, yang telah meninggalkan perairan Singapura, Sabtu (5/1) lalu.

"Pada pukul 18.00 sore (waktu setempat), dua kapal pemerintah Malaysia kembali masuk ke perairan Singapura," sebut pernyataan dari Otoritas Maritim dan Pelabuhan Singapura, dikutip dari Channel News Asia, Jumat (11/1).

Namun, pejabat Malaysia mengklaim datangnya MV Pedoman diperlukan untuk mengisi bahan bakar. Ia juga bersikeras kedua kapal sudah ada sejak Rabu (9/1).

Baca juga: Denpasar Masuk 10 Kota Tersehat di Dunia

Sengketa batas maritim antara kedua negara terjadi sejak awal Desember 2018. Pemerintah Singapura menyatakan akan memperluas batas perairan hingga wilayah Tuas. Pernyataan itu dikeluarkan setelah Malaysia hendak memperluas pelabuhan hingga mendekati wilayah laut Singapura.

Selain itu, Malaysia juga berencana mengambil alih kendali ruang udara di Johor, yang selama ini dikelola Singapura.

Singapura mengklaim perluasan yang dilakukan Malaysia telah melanggar batas maritim dan hukum internasional.

Singapura juga menyatakan kapal-kapal Malaysia telah berulang kali memasuki perairan teritorial dari arah Tuas selama beberapa pekan terakhir. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT