Tiongkok Harap Amerika-Korut Temukan Solusi


Penulis:  (AFP/Tes/I-2) - 11 January 2019, 07:20 WIB
AFP
AFP

TIONGKOK menekankan agar pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump segera bertemu untuk menuntaskan pembicaraan nuklir Korut.

Hal itu disampaikan Presiden Tiongkok Xi Jinping saat memberikan dukungan terhadap perundingan nuklir Korut yang hingga kini belum menemukan jalan keluar.

Seperti diketahui, pekan ini, Kim bertandang ke ibu kota Tiongkok, Beijing, dengan menggunakan kereta api. Kedatangannya bertujuan untuk menegaskan kembali peran Tiongkok dalam proses negosiasi nuklir Korut.

Dalam lawatan ke Tiongkok, Kim dilaporkan mengunjungi pabrik obat tradisional dan kemudian menghadiri agenda jamuan makan siang yang digelar Xi. Sejumlah kalangan menilai langkah Kim itu sebagai sebuah strategi menjelang pertemuan puncak putaran kedua antara pemimpin AS dan Korut.

Apalagi, kehadiran pemimpin Korut tersebut di Beijing bertepatan dengan digelarnya pembicaraan dagang antara pejabat Tiongkok dan AS. Opini para analis menyebutkan Tiongkok bisa memanfaatkan persoalan AS dan Korut sebagai alat tawar-menawar dalam negosiasi.

Atas tudingan itu, Kementerian Luar Negeri Tiongkok enggan menjelaskan materi pembicaraan dan hal-hal lain yang terkait antara Xi dan Kim selama orang nomor satu Korut tersebut berada di Beijing.

Seperti diketahui, dalam pertemuan pertama di Singapura pada Juni lalu, Presiden AS Donald Trump dan Kim sepakat menandatangani dokumen yang berisi pernyataan samar. Kim diketahui berjanji untuk bekerja sama guna mencapai denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Namun, sampai saat ini, perkembangan negosiasi antara Pyongyang dan Washington mengalami stagnasi. Di satu sisi, Korut mengharapkan pencabutan serangakain sanksi yang dijatuhkan AS mengenai senjata nuklir dan program rudal balistik.

Di lain sisi, AS justru menginginkan langkah itu tetap berlaku sampai Korut menghentikan program senjata mereka. Namun, janji seperti itu belum pernah dipaparkan Korut di ranah publik.

Dalam menyikapi polemik antara Korut dan AS, Tiongkok menyatakan harapan mereka agar pemberlakuan sanksi AS mereda dan kedua negara diharapkan segera menemui jalan tengah.

BERITA TERKAIT