Andi Bachtiar Yusuf Setelah Film Lanjut ke Buku


Penulis: (*/H-3) - 10 January 2019, 00:00 WIB
MI/Retno Hemawati
MI/Retno Hemawati

SUTRADARA Andi Bachtiar Yusuf, 44, sedang berbahagia setelah film besutannya Love for Sale menyabet Piala Citra untuk Penulis Skenario Asli Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2018, belum lama ini. Film itu juga memunculkan Gadeng Marten sebagai Aktor Terbaik FFI 2018.

Tak berhenti di sana, Andi mengaku akan merilis sebuah buku di awal Januari 2019 untuk mendokumentasikan tulisan-tulisannya sejak 2012 silam.

"Buku ini isinya kumpulan tulisan sih pada dasarnya. Kumpulan tulisan antara 2012-2017," ujar Andi, belum lama ini.

Andi yang pernah mencicipi dunia jurnalistik selama lima tahun itu sering menulis kritikan seputar sepak bola dan memberi judul bukunya Menjadi Indonesia. Tak hanya sepak bola, Andi juga menulis soal budaya, seni, hingga sosial.

Ketika ditanya mengenai keputusannya menerbitkan buku, Andi mengaku terinspirasi dengan perkataan penulis buku Go West and Gowes Budiman Hakim untuk menulis minimal satu buku sebelum mati. Selama ini, sutradara film Hari Ini Pasti Menang ini kerap terinspirasi dengan keadaan yang ada di sekitarnya.

Sebelum terjun ke dunia perfilman dirinya sempat bekerja di perusahaan agensi iklan. Saat bekerja di agensi inilah Andi tidak sengaja mempelajari bagaimana menjadi seorang sutradara.

 

BERITA TERKAIT