CES 2019 Angkat Tema Kecerdasan Buatan


Penulis: Rizky Noor Alam - 08 January 2019, 17:39 WIB
CES 2019
CES 2019

AJANG Consumer Electronic Show (CES) 2019 kembali digelar di Las Vegas, Amerika Serikat. Pihak penyelenggara sendiri menargetkan pagelaran tersebut akan menyedot setidaknya 180 ribu pengunjung selama acara berlangsung yaitu dari 8 Januari hingga 11 Januari.

Dari penelusuran Media Indonesia, tema besar yang akan diusung tahun ini adalah seputar kecerdasan buatan alias artificial intelligence, kendaraan swakemudi (autonomous vehicle), ponsel pintar, serta transisi ke era jaringan 5G.

Teknologoi yang dipamerkan pun beraneka macam, misalnya TCL yang merupakan sebuah perusahaan elektronik akan memamerkan televisi layar fleksibelnya, lalu raksasa elektronik Korea Selatan seperti LG memamerkan teknologi TV dengan layar gulung.

Samsung dikabarkan bakal memamerkan TV dengan layar super besar yaitu 219 inchi, tidak hanya itu Samsung juga menjadi pusat perhatian dengan meluncurkan TV pintar teranyarnya dimana TV tersebut mendukung penggunaan iTunes yang merupakan produk buatan rivalnya yaitu Apple.

Sementara itu dari industri otomotif pun sejumlah pabrikan memamerkan inovasi terbarunya, BMW misalnya pabrikan mobil asal Jerman tersebut memamerkan teknologi konektivitas digital melalui platform teranyarnya yang disebut BMW Vision iNEXT dan ditemani dengan BMW Intelligent Personal Assitant.

Tidak hanya itu, wakil otomotif Asia seperti Hyundai turut memeriahkan pagelaran dengan memamerkan teknologi kaca masa depan. Teknologi Hyundai tersebut memungkinkan pemilik mobil untuk memutar film pada layar kaca depan dan dikendalikan dengan gerakan tangan.

Teknologi itu juga dapat melacak gerakan mata pengemudi dan gerakan jari untuk memanipulasi layar saat berada dalam mode penggerak swakemudi, tidak hanya itu raksasa otomotif Toyota pun rencananya akan memaerkan mobil swakemudi buatannya yang berbasis pada mobil Lexus LS pada pagelaran tersebut. (OL-7)

BERITA TERKAIT