02 January 2019, 14:44 WIB

PGRI: Perlu Duduk Bersama Bahas Kekerasan Terhadap Guru dan Murid


Sri Utami | Humaniora

Ist
 Ist

KETUA Umum Pengurus Besar PGRI Unifah Rosyidi menilai kekerasan dalam dunia pendidikan tidak hanya terjadi terhadap anak didik tapi juga terhadap guru.

Kondisi ini, dinilai Unifah, masih banyak terjadi dan akan terus bertambah jika berbagai pihak terkait tidak duduk bersama untuk mencari penyebab dan solusinya.

"Harus dilihat datanya karena kami juga punya data. Kekerasan terhadap guru dan anak didik masih banyak terjadi. Artinya perlu duduk bersama memahami hal ini kenapa terjadi dan langkah apa yang harus dilakukan," jelasnya.

Baca Juga: FSGI Sebut Tenaga Pendidik tidak Paham Aturan Perlindungan Anak

Anak dan guru, menurutnya, tidak bisa dilepaskan dari lingkungan sosial. Sehingga memiliki peran yang sama untuk menghapuskan kekerasan dalam dunia pendidikan.

"Tidak bijaksana kalau hanya menyalahkan guru," cetusnya.

Selama ini PGRI dan berbagai pihak terkait termasuk KPAI belum pernah duduk bersama mencari penyebab dari permasalahan tersebut.

Sebelumya dalam cataatan akhir tahun KPAI tindak kekerasan di dunia pendidikan masih banyak terjadi. KPAI mencatat kejadian kekerasan terhadap anak didik sebanyak 445 kasus termasuk perundungan.(OL-5)

BERITA TERKAIT