Cegah Makanan dari Kontaminasi Bakteri


Penulis: */H-2 - 26 December 2018, 04:15 WIB
ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

MAKANAN yang aman dan bernutrisi merupakan salah satu unsur utama untuk membentuk anak yang sehat. Dokter spesialis gizi klinik, Juwalita Surapsari, menyarankan agar orangtua lebih memperhatikan keamanan pangan demi menghindari kontaminasi bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.

“Ada tiga tahap yang diperlukan dalam menjaga keamanan pangan, yakni pemilihan bahan pangan segar dan kemasan, penyimpanan pangan, proses pengolahan, dan penyajiannya,” sebut Lita dalam diskusi Menu Aman Pilihan Ibu, Inspirasi Hidup Sehat Keluarga yang digelar Danone-Nutricia Sarihusada di Jakarta, pekan lalu.

Saat memilih buah dan sayuran, lanjutnya, pilih yang masih segar, tidak berkerut, dan tidak ada perubahan warna atau busuk. Lalu, saat membeli buah potong, pastikan buah tersebut diambil dari lemari pendingin atau diberi es di sekeliling­nya. “Untuk penyimpanan, sayuran dan buah disimpan di lemari pendingin dalam wadah terpisah. Cuci sayuran saat akan dimasak. Segera simpan daging, ikan, ayam, dan produk susu ke lemari pendingin,” kata Lita. (*/H-2)

BERITA TERKAIT