Apple Kalah di Pengadilan, Iphone Terancam Dilarang di Jerman


Penulis: Basuki Eka Purnama - 21 December 2018, 13:30 WIB
AFP/Greg Baker
AFP/Greg Baker

SEBUAH pengadilan Jerman, Kamis (20/12), memutuskan pembuat chip Qualcomm memenangkan sidang paten melawan Apple. Kemenangan itu bisa berujung pada pelarangan penjualan Iphone di Jerman.

Kemenangan itu merupakan yang kedua bagi Qualcomm dari tempo sebulan setelah pengadilan Tiongkok pada 10 Desember lalu memutuskan untuk melarang penjualan Iphone di 'Negeri Tirai Bambu' itu karena masalah paten.

"Keputusan pengadilan ini secara efektif melarang penjualan sejumlah produk di Jerman. Produk itu mencakup Iphone 7plus, 7. 8, 8plus, dan X," ungkap pengadilan di Muenchen dalam sebuah pernyataan resmi.

Karena Apple masih bisa mengajukan banding, pengadilan mengatakan pelarangan penjualan produk Iphone itu hanya bisa diberlakukan segera jika Qualcomm membayar uang jaminan sebesar 668,4 juta euro.

Baca juga: Apple Hapus Semua Aplikasi Sticker WhatsApp di App Store

Pengadilan menyebut uang jaminan itu akan diberikan ke Apple sebagai ganti rugi seandainya mereka sukses menang dalam banding atas keputusan pengadilan Muenchen itu.

Kedua perusahaan teknologi asal California itu tengah bertarung mengenai paten dan royalti di pengadilan. Perselisihan itu adalah tentang chip yang dibuat salah satu pemasok Apple dan digunakan di Iphone. Kedua perusahaan itu berselisih mengenai bagaimana cara kerja chip itu.

Pengadilan mengatakan menerima penjelasan Qualcomm mengenai cara kerja chip itu karena Apple menolak menjelaskan cara kerja chip itu dengan alasan kerahsiaan industri.

"Jika pembelaan hanya bisa dilakukan dengan mengungkap rahasia, Anda bisa memilih tetap menyimpan rahasia itu dan kalah di pengadilan seperti yang terjadi hari ini," kata Hakim Matthias Zigann. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT