Dua Gol Messi Kandaskan Espanyol 4-0


Penulis: Antara - 09 December 2018, 08:10 WIB
PAU BARRENA/AFP
PAU BARRENA/AFP

LIONEL Messi berhasil menciptakan dua gol dan menjadi pengantar Barcelona mengandaskan rival sekotanya, Espanyol, dengan skor 4-0 dalam laga pekan ke-15 Liga Spanyol di Stadion RCDE, Barcelona, Spanyol, Minggu (9/12) pagi WIB.

Selain dua gol dari sang megabintang, kemenangan Barcelona dalam laga yang dikenal sebagai Derby Catalan tersebut juga disokong gol-gol Ousmane Dembele dan Luis Suarez.

Kemenangan itu membuat Barcelona kian mantap di puncak klasemen dengan raihan 31 poin dan menjaga jarak dari kejaran Sevilla (28) maupun Atletico Madrid (28), sedangkan Espanyol (21) terperosok ke urutan kesembilan.

Messi membuka keunggulan Barcelona dalam Derby Catalan ke-169 di Liga Spanyol itu lewat golnya pada menit ke-17, lewat tendangan bebas yang berhasil melewati pagar hidup sebelum melesak ke dalam gawang Diego Lopez.

Sembilan menit berselang Messi melepaskan umpan matang yang dengan tenang diselesaikan oleh Dembele demi menggandakan keunggulan Barcelona. Tiga peluang beruntun lantas dimiliki Barcelona pada menit ke-36 dan ke-38, sayang tendangan voli Suarez masih bisa dijinakkan Lopez, sebelum kemudian sundulan Rakitic diamankan sang kiper dan bola muntah yang disambar Messi masih membentur mistar gawang.

Baca Juga: Pochettino Optimistis tidak Mustahil Mengalahkan Barcelona

Tepat di pengujung babak pertama, Suarez akhirnya memperbesar keunggulan Barcelona menjadi 3-0 lewat penyelesaian umpan terobosan kiriman Dembele. Keunggulan tiga gol tak membuat Barcelona mengendurkan serangan mereka di babak kedua, hingga akhirnya mereka mencetak gol keempat yang lagi-lagi lahir dari tendangan bebas Messi pada menit ke-65.

Lopez lantas menggagalkan gol kelima dari kaki Philippe Coutinho, yang memperoleh peluang setelah masuk menggantikan Dembele. Oscar Duarte lantas sempat menyarangkan bola ke gawang Marc-Andre ter Stegen pada menit ke-72. Ia melakukan tendangan sentuhan pertama menyambut bola tendangan bebas, namun hasil konsultasi dengan asisten wasit video membuat wasit Carlos Del Cerro Grande menganulir gol tersebut lantaran sang bek sudah terlanjur berada dalam posisi offside.

Ter Stegen kemudian memastikan gawang Barcelona tetap tak kebobolan pada masa injury time ketika ia menggagalkan percobaan tembakan Leo Baptistao dengan kepalanya. Skor 4-0 bagi Barcelona bertahan hingga peluit tanda laga usai terdengar di Stadion RCDE.(OL-5)

BERITA TERKAIT