Menpora Harapkan IFC Digelar Kontinu


Penulis: (Beo/R-1) - 09 December 2018, 07:20 WIB
Kemenpora RI
Kemenpora RI

BARA FC berhasil menjadi juara Kategori 1 Bali International Football Championship (IFC) U-15 2018 setelah menundukkan Timnas Pelajar lewat adu penalti 5-4, kemarin. Laga di Stadion Beji Mandala, Badung, Bali, tersebut, berakhir 1-1 di waktu normal.

Kegagalan Timnas Pelajar yang ditangani Firman Utina disebabkan tendangan Ardi Ardiana melebar. Padahal, Ardi merupakan pencetak skor di menit ke-20. Ardi mencetak gol tiga menit setelah Muhamad Reza Alfariz membuka keunggulan Bara.

"Selamat untuk Bara, juga untuk Timnas Pelajar. Pertandingan yang bagus. Pemain tampil lepas dan tanpa beban dan kedua tim sangat pantas menjadi wakil Indonesia," kata Menpora Imam Nahrawi.

Dalam perebutan posisi ketiga, wakil Tiongkok Hubei, menang tipis atas Felda United, Malaysia. Gol Hubei dicetak Chen Junyi di menit ke-70.

Tentang penyelenggaraan kejuaraan yang digelar atas inisiatif Kementerian Pemuda dan Olahraga tersebut, Imam mengharapkan bisa kontinu di masa mendatang. Soal lokasi, menurut Imam bisa saja digelar di kota lain.

Ke depannya, Imam berharap jumlah peserta akan semakin banyak. Di edisi perdana tahun ini, Bali IFC diikuti sembilan negara termasuk Indonesia. Peserta lainnya ialah dari Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Australia, Jepang, Korea Selatan (Korsel), dan Tiongkok. Korsel mengirimkan dua klub dan Indonesia tiga klub.

"Ajang ini diikuti peserta dari luar negeri dan diharapkan pemain Indonesia akan terbiasa menghadapi lawan yang teknik dan fisiknya berbeda. Semakin sering bertanding dengan lawan asing, akan meningkatkan jam terbang," kata Imam.

Di sisi lain, komitmen Kemenpora dalam pembinaan pemain muda juga diwujudkan dalam dukungan pembentukan klub sepak bola di Kulon Progo, DIY. Klub yang dinamai Raga Putra Menoreh akan fokus dalam pembinaan pemain muda dengan penanganan secara profesional.

"Raga Putra Menoreh akan dikenalkan kepada masyarakat Kulon Progo pada Sabtu (15/12) dan ditandai dengan pertandingan trofeo antara Timnas Pelajar Kemenpora yang diperkuat beberapa pemain timnas U-19 serta U-16 menghadapi tim PSS Sleman serta Persikup Kulon Progo," ucap Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta

BERITA TERKAIT