Kurang Nutrisi saat Hamil Sebabkan Menopause Dini


Penulis: Dhaifurrakhman Abas - 08 December 2018, 17:00 WIB
Ist
Ist

KEKURANGAN asupan nutrisi selama masa kehamilan bisa berdampak buruk bagi janin. Secara umum janin rentan digerogoti penyakit diabetes dan jantung ketika dilahirkan.  

Belakangan sebuah studi yang dituangkan pada Journal Menopause memproklamirkan temuan baru. Kekurangan nutrisi juga menyebabkan janin rentan mengalami menopause dini saat berada pada usia yang lebih muda dari 45 tahun.

"Temuan ini menunjukkan bahwa kekurangan asupan nutrisi selama perkembangannya, memengaruhi fungsi ovarium janin di masa depan," kata Joann Pinkerton, direktur eksekutif dari North American Menopause Society (NAMS), seperti dikutip Times of India.

Para peneliti melibatkan 2.900 perempuan di Tiongkok yang dijadikan subyek penelitian. Kurangnya asupan nutrisi pada janin mengakibatkan menurunnya fungsi hypothalamus pada otak.

"Axis hypothalamus-pituitary-gonad berfungsi mengatur kesehatan reproduksi. Jika tidak diberikan asupan nutrisi, menyebabkan risiko menepause dini ketika janin tumbuh dewasa," ungkapnya.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa menopause dini memicu peningkatan risiko penyakit jantung, osteoporosis, depresi, hingga kesehatan seksualnya. Menopause dini juga bisa menyebabkan penyakit metabolik pada masa perkembangan janin hingga dewasa.  (Medcom/OL-8)

 

BERITA TERKAIT