Ridwan Kamil Resmikan Tim Saber Hoaks


Penulis: (BY/N-1) - 07 December 2018, 21:30 WIB
Antara
Antara

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat meluncurkan Tim Jabar Saber Hoaks (JSH) untuk meminimalisasi informasi bohong yang beredar di masyarakat. Keberadaan lembaga ini diharapkan bisa memberi referensi kepada masyarakat terkait hoaks, khususnya di dunia maya.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mengatakan JSH ini akan memverifikasi setiap hoaks terkait wilayahnya yang beredar di masyarakat.

“Baik yang diminta (dilaporkan) masyarakat atau yang ditemukan tim,” katanya saat peresmian JSH, di Bandung, Jumat (8/12).

Setelah mengetahui adanya hoaks yang beredar, pola kerja JSH akan memverifikasi, baik dengan menggunakan aplikasi maupun manual. “Setelah selesai, akan disampaikan kepada masyarakat bahwa ini, ini, dan ini berita bohong,” katanya.

Selain menerima laporan dan menga­nalisis JSH pun akan aktif untuk mengedukasi masyarakat agar lebih meningkatkan literasi. Ini penting agar warga tidak mudah memercayai setiap informasi yang beredar. “Tingkat literasi kita belum bagus, kita juga suka enggak mau tabayun,” ujarnya.

Oleh karena itu, dia meminta pemerintah kabupaten/kota melakukan hal yang sama dengan membentuk tim saber hoaks. Dia pun berharap upayanya ini bisa menginspirasi daerah lain sehingga turut dibangun hal yang sama.

Lebih lanjut, Emil memberi tips agar masyarakat bisa membedakan antara berita hoaks dan yang fakta. Informasi yang beredar harus dilihat sumbernya, baik penulis maupun situs yang menayangkannya, termasuk mengecek di media-media mainstream.
Ketua Tim JSH Enda Nasution mengatakan jumlah timnya 12 orang yang didominasi kaum muda.

Dijelaskan, pihaknya hanya memverifikasi hoaks yang terkait Jawa Barat, yakni yang wilayah kerjanya di Jabar, yang beredar di Jabar atau dilakukan oleh orang Jabar atau yang korbannya juga orang Jabar,” ucapnya.(BY/N-1)

BERITA TERKAIT