PP Muhammadiyah Apresiasi Pemerintah Bantu Lembaga Pendidikan


Penulis: Akmal Fauzi - 07 December 2018, 18:49 WIB
MI/Ramdani
MI/Ramdani

PENGURUS Pusat Muhammadiyah mengapresiasi komitmen Pemerintah dalam memajukan pendidikan Islam, termasuk pendidikan di lingkungan Muhammadiyah. Dengan membantu pendidikan dinilai sebuah keniscayaan dan kewajiban Pemerintah sebagai penyelenggara negara.

“Di dalam Pembukaan UUD 1945 disebutkan diantara tujuan negara adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. UU Sisdiknas 20/2003 menyebutkan setiap warga negara berhak mendapatkan layanan pendidikan yang bermutu,” kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti saat dihubungi, Jum’at (7/12).

Hal itu menananggapi Presiden Jokowi menghadiri resepsi milad satu abad Madrasah Mu'allimin Mu'allimaat Muhammadiyah Yogya, pada Kamis (6/12). Dalam kesempatan itu, Jokowi menyerahkan 6 SK sekolah tinggi Muhammadiyah di Lamongan.

Presiden juga menginstruksikan membantu pembangunan perluasan Madrasah Mu'allimin Mu'allimaat Yogyakarta di Jalan Wates, Yogyakarta.

“Bantuan untuk Muhammadiyah pada hakikatnya adalah bantuan untuk rakyat Indonesia. Mereka yang belajar di lembaga Pendidikan Muhammadiyah adalah rakyat Indonesia, bukan khusus warga Muhammadiyah. Kualitas pendidikan Muhammadiyah akan bermanfaat untuk kualitas bangsa Indonesia,” jelasnya

Pun demikian, ia menekankan, bantuan Muhammadiyah tidak bersifat instrumental untuk mendapatkan dukungan politik. Dalam berpolitik, kata Mu’ti, Muhammadiyah akan bersikap netral, loyal, dan kritis kepada Pemerintah.

“Muhammadiyah akan menjaga amanah menggunakan dan memanfaatkan bantuan sebagaimana mestinya,” kata Mu’ti. (OL-4)

BERITA TERKAIT