Meksiko Akan Bangun Patung Bung Karno


Penulis: Putri Anisa Yuliani - 07 December 2018, 18:42 WIB
MI/Putri Yuliani
MI/Putri Yuliani

INDONESIA patut berbangga karena pendiri negara sekaligus presiden pertama Indonesia Soekarno atau yang juga akrab dengan sebutan Bung Karno itu akan didirikan patungnya di Meksiko tepatnya di Mexico City yang menjadi ibu kota negara tersebut.

Asisten Deputi Warisan Budaya Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Pamuji Lestari mengatakan pihaknya bersama perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah meninjau langsung taman kota di Mexico City yang akan menjadi lokasi pendirian patung tersebut.

Pendirian patung itu diinisiasi oleh Wali Kota Mexico City Marcelo Ebrard.

"Ibu Wali Kota sangat tertarik dan mengapresiasi terhadap hubungan Presiden Soekarno dengan Meksiko pada masa lampau yang mana diketahui presiden sempat berkali-kali mengunjungi Meksiko hingga terakhir pada tahun 1954. Peristiwa itu sangat dikenang oleh dia termasuk warga Meksiko," kata Lestari dalam sela-sela Kuliah Umum bertema Kelembagaan Efektif Bagi Pemajuan Kebudayaan pada rangkaian acara Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) di Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Jumat (7/12).

Lestari mengungkapkan patung Bung Karno yang juga akan disejajarkan dengan patung para tokoh dunia lainnya di taman tersebut seperti Mahatma Gandhi dan Martin Luther King Jr. Rencananya patung itu ditargetkan segera berdiri pada tahun depan.

Sementara itu, pemerintah juga berencana mendirikan patung istri Bung Karno sekaligus penjahit bendera pusaka pertama Indonesia Fatmawati di tanah kelahirannya, Provinsi Bengkulu. Pendirian patung Fatmawati akan didanai melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan 12 BUMN.

"Luar biasa sekali apresiasi BUMN kita terhadap sejarah dan budaya dengan pendirian patung Ibu Negara, Ibu Fatmawati di Bengkulu. In adalah bukti bahwa melestarikan sejarah, melestarikan budaya kita juga bisa mendapat dukungan dari swasta," terangnya.

Di sisi lain, rencananya pemerintah juga akan mendirikan patung Bung Karno di Kota Palu. Namun, terjadinya bencana gempa bumi serta tsunami pada September lalu menjadi penyebab hingga kini rencana itu belum bisa terealisasi. (OL-4)

BERITA TERKAIT