BTN Paparkan Perannya di Bisnis Perumahan


Penulis: Raja Suhud V.H.M - 06 December 2018, 17:06 WIB
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

PT  Bank Tabungan Negara (Tbk) memaparkan perannya dalam mendukung perkembangan sektor perumahan di depan para peserta business summit yang diselenggarakan Asosiasi Real Estate Sedunia (FIABCI) di Nusa Dua, Bali, Kamis (6/12).

Dirut BTN Maryono mengatakan bahwa sejak 1976, BTN telah menyalurkan pembiayaan ke sektor perumahan. Telah terbangun sekitar 4,2 juta rumah yang mendapat dukungan pembiayaan dari BTN.

"Kami telah menjadi market leader untuk bisnis pembiayaan perumahan (KPR). Bahkan untuk KPR Bersubsidi kita mencapai 94%," kata Maryono.

Baca juga: Pergantian Direksi BUMN Tidak Perlu Libatkan DPR

Tahun ini, BTN memiliki target pembiayaan perumahan mencapai 750 ribu rumah. Dan itu optimis tercapai sehingga pada tahun depan akan ditingkatkan menjadi 850 ribu.

"Kebutuhan akan perumahan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan kelas menengah. Untuk itu, peran para pengembang terus dibutuhkan," ujarnya.

Pemerintah saat ini memiliki program satu juta rumah guna memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat yang terus tumbuh. BTN sebagai salah satu pendukung dari keseluruhan ekosistem industri perumahan membantu dari sisi pembiayaan. Para pengembang membantu dari sisi penyediaan suplainya. Dan pemerintah pusat membantu dari sisi kebijakan dan pengalokasian subsidi bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR).

Baca juga: Pengiriman BBM ke Nduga Dihentikan Sementara

"Penyediaan perumahan tidak hanya urusan bank sebagai penyedia pembiayaan atau pengembang sebagai supplier. Tapi itu juga butuh peran pemerintah  pusat dan daerah untuk menyediakan Iklim usaha yang kondusif dengan perijinan yang ramah," tandasnya.

BTN dalam meningkatkan penyaluran KPR terus mengembangkan potensi pasar yang ada dengan bergerak ke area digital. Bahkan untuk melayani segmen milenial, BTN juga telah meluncurkan KPR milenial. (OL-6)

BERITA TERKAIT