Facebook Hapus Lebih dari 1,5 Miliar Akun Palsu


Penulis:  Lufthi Anggraeni - 17 November 2018, 15:20 WIB
 JOEL SAGET / AFP
JOEL SAGET / AFP

DALAM periode antara April hingga September tahun ini, Facebook telah memblokir sebanyak 1,5 miliar akun palsu dari jaringannya, dan menghapus sebanyak 2,1 miliar bagian dari spam.

Facebook juga membagikan informasi ini melalui Community Standards Report di situsnya.

Laporan ini menjelaskan secara terperinci cara Facebook menangani permasalahan seperti ketelanjangan orang dewasa, ujaran kebencian, propaganda teroris, konten mengandung kekerasan, dan akun palsu.

Menurut Facebook, banyak akun palsu sebagai hasil langsung dari penyerangan siber. Jejaring sosial ini lebih baik dalam mengenali dan mencegah konten mengandung kekerasan sebelum dapat ditonton atau dilaporkan oleh pengguna jaringannya.

Selain itu, laporan Facebook ini juga menyebut bahwa sebanyak 95,5 persen konten mengandung kekerasan berhasil ditanganinya sebelum dilaporkan oleh pengguna. Facebook saat ini tengah menggalakan pengawasan kontinuitas terkait propaganda berita palsu.

Facebook juga tengah berupaya keras dalam mengembalikan kepercayaan pengguna akibat pelanggaran keamanan yang baru-baru ini dialaminya, berdampak pada sekitar 50 juta akun pengguna jejaring sosialnya.

Sebelumnya, Facebook mengubah algoritma untuk linimasanya, yang akan memengaruhi penyebaran konten. Kali ini, tujuan perubahan tersebut adalah untuk mengurangi konten yang "sensasional dan provokatif".

Facebook tidak hanya berusaha untuk mengurangi artikel dengan judul clickbait, tapi juga konten yang mengandung informasi yang salah dan konten bermasalah yang mungkin tidak bisa langsung diblokir.(medcom/OL-8)

 

BERITA TERKAIT