Ini Empat Tantangan yang Dihadapi Guru di Zaman Milenial


Penulis: micom - 13 November 2018, 17:30 WIB
Thinkstock
Thinkstock

BERUBAHNYA zaman konvensional ke zaman milenial membuat para guru menghadapi sedikitnya empat tantangan pendidikan.

Tantangan pertama adalah revolusi industri 4.0 di mana pengaruh teknologi digital semakin menyatu dengan hidup manusia. Kedua, globalisasi yang menyebabkan terjadinya kompetisi tenaga kerja antarnegara.

"Tantangan ketiga, kebutuhan akan generasi yang unggul. Keempat, besarnya jumlah penduduk yang masih muda dan menuntut pola pengajaran yang baru," ungkap pengamat pendidikan, Nasin, dalam keterangan tertulisnya, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, guru harus melakukan sejumlah hal agar pola pengajaran sesuai dengan kebutuhan generasi milenial. Misalnya, pembelajaran harus relevan, spesifik, ringkas, dan cepat. "Generasi millenal haus informasi dan akan mencarinya sendiri jika guru tidak menyajikan apa yang mereka anggap relevan," ujarnya.

Meski demikian, mengajar generasi milenial menghadapi tantangan berupa teknologi yang dapat mengalihkan perhatian siswa. Biaya penggunaan teknologi juga mahal. "Mereka juga bisa tidak tertarik dengan pendidikan formal dan beralih ke kelompok karir yang memberi pendidikan keterampilan," kata Nasin.

Menurut dia, kini masih pula banyak guru yang perlu dilatih menguasai literasi teknologi kekinian, seperti menggunakan aplikasi di laptop. (X-11)

BERITA TERKAIT